Jakarta (ANTARA) - Pada era serba digital saat ini, membuat CV yang sesuai dengan Applicant Tracking System (ATS) bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pelamar kerja.

ATS digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyaring lamaran pekerjaan secara otomatis berdasarkan kata kunci dan format tertentu yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka tentukan.

Agar CV anda bisa lolos pada tahap seleksi ini, penting untuk menggunakan format yang benar dan menyertakan kata kunci yang relevan. Untungnya, ada beberapa website yang dapat membantu anda membuat CV ATS-friendly dengan mudah.

Berikut adalah 5 website yang bisa anda gunakan untuk membuat CV yang kompatibel dengan ATS:

1. SuratPlus

Situs web SuratPlus menyediakan fitur generator terbaru, yaitu generator CV ATS yang bisa anda gunakan dengan mudah. 

Pada situs web ini juga terdapat fitur pengecekan score CV ATS untuk melihat apakah CV yang dibuat sudah memenuhi standar ATS dengan bantuan artificial intelligent (AI).

2. Kinobi

Kinobi adalah situs web yang menawarkan fitur CV generator yang dapat digunakan dengan mudah.

Ini cara lengkap membuat CV ATS Friendly melalui Kinobi:
  • Buka website Kinobi di link berikut: https://kinobi.tech
  • Klik Untuk Mahasiswa
  • Buat akun Kinobi atau log in jika sudah memiliki akun.
  • Pilih template sesuai dengan lowongan yang ingin dilamar, atau buat CV dari awal dengan memilih New Blank
  • Selesai! Anda bisa langsung membuat CV ATS Friendly yang diinginkan.

3. Resume.io

Resume.io menawarkan berbagai template CV yang dirancang khusus untuk sesuai dengan ATS. Website ini memungkinkan anda untuk membuat CV dengan mudah. 

Anda dapat memilih template yang sederhana dan membuat CV anda mudah dibaca oleh ATS. Selain itu, Resume.io juga menyediakan fitur untuk mengunduh CV dalam format yang sesuai dengan ATS, seperti PDF atau Word.

4. Novoresume

​​​​​​​Novoresume dikenal karena menyediakan template CV yang profesional dan ATS friendly. Dengan Novoresume, anda dapat dengan mudah membuat CV yang terstruktur dengan baik dan memenuhi persyaratan ATS.

Platform ini juga menawarkan fitur untuk menyesuaikan setiap bagian CV anda, anda bisa memastikan bahwa tidak ada informasi penting terlewatkan. Novoresume juga memiliki fitur preview yang memungkinkan Anda melihat bagaimana CV Anda akan terlihat saat dibaca oleh ATS.

5. Zety

Jika anda merupakan seseorang yang tidak mahir dalam menyusun kalimat dan bingung saat menulis CV. Situs web zety menyediakan berbagai contoh CV yang bisa anda modifikasi. Baik dari segi desain, latar belakang warna, bahkan sampai dengan template kalimat deskripsi diri. Pengisian daftar riwayat hidup dalam website ini dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan.​​​​​​​

Itulah 5 rekomendasi situs web pembuat CV ATS friendly yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan website di atas anda dapat meningkatkan peluang CV anda terbaca oleh ATS dan lolos ke tahap selanjutnya!

Baca juga: Tips menulis pengalaman kerja pada CV

Baca juga: Apa bedanya CV ATS friendly dan CV kreatif? Ini penjelasannya

Baca juga: Tiga langkah sederhana kenali "passion" diri

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024