Jakarta (ANTARA) - CV (curriculum vitae) merupakan hal yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan.

Melalui CV perekrut dapat mengetahui gambaran terkait latar belakang profesional para pelamar, hal ini sangat penting karena menentukan apakah pelamar memiliki kualifikasi yang sesuai dan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak.

Dalam menulis CV menguraikan pengalaman kerja adalah salah satu bagian yang paling berguna, hal ini dapat meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang dituju.

Berikut adalah tata cara menulis pengalaman kerja di CV secara efektif:

Format penulisan

Mulai dari pengalaman terbaru


Saat menulis pengalaman kerja, tempatkan informasi terkait pengalaman terbaru di bagian atas. Pengalaman terbaru dan paling relevan harus menjadi prioritas karena ini adalah yang pertama kali dilihat oleh perekrut.

Tambahkan informasi dasar perusahaan

Saat menulis pengalaman kerja, pastikan untuk menulis informasi dasar perusahaan seperti nama perusahaan dan lokasi perusahaan.

Periode bekerja

Tambahkan periode kerja pada bagian pengalaman pekerjaan seperti bulan dan tahun dari dimulainya proses bekerja hingga berakhir.

Jabatan dan tanggung jawab

Setelah mencantumkan informasi dasar, jelaskan tanggung jawab dan pencapaian di setiap pekerjaan. Gunakan bullet points untuk membuatnya lebih mudah dibaca. Fokuslah pada pencapaian yang dapat diukur dan spesifik, seperti:
  1. Meningkatkan penjualan sebesar 30% dalam waktu enam bulan
  2. Mengelola tim yang terdiri dari 10 orang
  3. Mengimplementasikan sistem baru yang meningkatkan efisiensi kerja
Keterampilan yang relevan

Pastikan untuk menambahkan keterampilan yang relevan dengan posisi yang sedang dilamar. Jika anda memiliki keterampilan teknis atau kemampuan khusus yang penting untuk pekerjaan tersebut, anda bisa sebutkan secara spesifik dalam deskripsi tanggung jawab dan pencapaian.

Gunakan bahasa yang profesional

Hindari istilah yang tidak umum dan pastikan setiap kalimat yang anda tulis jelas dan mudah untuk dipahami. Perhatikan tata bahasa atau ejaan dan baca kembali CV yang anda buat.

Menulis pengalaman kerja di CV dengan baik adalah langkah penting dalam proses melamar pekerjaan. Dengan menampilkan informasi yang paling relevan, menggunakan kata kunci yang tepat, dan memberikan data secara jelas, dapat membuat CV anda menjadi lebih menarik dan memiliki nilai tambah bagi perekrut.

Selalu sesuaikan CV anda untuk setiap pekerjaan yang anda lamar dan gunakan bahasa yang profesional untuk meningkatkan peluang anda dalam mendapatkan pekerjaan yang anda tuju.

Baca juga: Apa bedanya CV ATS friendly dan CV kreatif? Ini penjelasannya

Baca juga: Tiga langkah sederhana kenali "passion" diri

Baca juga: Lima tips rekrutmen "anti-ghosting" untuk perusahaan dan pencari kerja

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024