Jakarta (ANTARA) -
Setiap hari, kita selalu dihadapkan dengan berbagai peristiwa, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Ragam peristiwa itu merupakan informasi yang dikonsumsi masyarakat melalui produk berita.

Dalam hal ini, teks berita yang diperoleh bisa datang dari berbagai sumber media, seperti media cetak, elektronik, dan online. Berikut, pengertian dan jenis-jenis teks berita antara lain:

Pengertian teks berita

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks berita adalah teks yang berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai peristiwa atau kejadian yang aktual dan faktual kepada pembaca.

Dalam buku "Pengantar Jurnalistik" karya Indiwan Setto Wahjuwibowo, disebutkan Konsep dasar dari berita adalah "informasi yang disampaikan oleh wartawan dan dimuat dalam media."

Hal Ini, disebutkan bahwa berita adalah informasi yang telah diolah oleh wartawan dan dianggap memiliki nilai penting, baik objektif maupun subjektif.

Nilai sebuah berita sering kali ditentukan oleh sejauh mana berita tersebut memiliki keunggulan dan relevansinya dengan kehidupan masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa "berita adalah suatu fakta ide atau opini aktual yang menarik dan akurat serta dianggap penting bagi sejumlah besar pembaca, pendengar maupun penonton."

Jenis-jenis Berita

Dalam buku "Jurnalisme Dasar" karya Prof. Dr. Suroso, M.Pd, jenis-jenis berita dibagi berdasarkan beberapa kriteria yang mencerminkan pendekatan komprehensif dalam jurnalistik.

Berikut adalah beberapa jenis berita yang dibahas dalam buku tersebut:

1. Berita Feature (Feature News)

Sebuah berita yang menekankan pada sisi human interest, latar belakang, dan detail yang menarik dari sebuah peristiwa.

Berita ini lebih panjang dan mendalam dibandingkan berita langsung.

2. Berita Interpretatif (Interpretative News)

Sebuah berita yang tidak hanya menyajikan fakta, tetapi juga analisis dan interpretasi atas peristiwa yang terjadi. Jurnalis memberikan konteks dan makna dari berita tersebut.

3. Berita Opini (Opinion News)

Sebuah berita yang berisi pandangan atau pendapat dari penulis atau ahli terkait suatu isu. Termasuk di dalamnya editorial, kolom opini, dan surat pembaca.

4. Berita Khusus (Special News)

Sebuah berita yang menyoroti peristiwa atau topik tertentu dengan detail yang lebih spesifik. Bisa berupa laporan khusus atau liputan mendalam.

5. Berita Investigasi (Investigative News)

Sebuah berita yang dihasilkan dari penyelidikan mendalam terhadap suatu isu atau kejadian.

Berita ini biasanya melibatkan riset yang ekstensif dan pengumpulan data dari berbagai sumber.

6. Berita Langsung (Hard News)

Sebuah berita yang disajikan secara langsung, faktual, dan apa adanya. Biasanya, berita ini berisi informasi penting dan mendesak.

7. Berita Keseharian (Soft News)

Berita yang lebih ringan dan seringkali berkaitan dengan gaya hidup, hiburan, atau isu-isu ringan lainnya.

Dapat diketahui, setiap jenis teks berita memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda, namun semuanya bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga: Menelusuri sejarah jurnalistik Indonesia di ANTARA Heritage Center

Baca juga: Dewan Pers: Perpres "Publisher Rights" beri ruang tumbuh media kecil

Baca juga: Meninjau foto-foto terbaik "Jelajah Imaji" ANTARA

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024