Harapan terhadap pemerintahan baru adalah adanya kebijakan lebih proaktif dalam mendukung dunia usaha dan investasi
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi G Coach Indonesia (AGCI) mengharapkan pemerintahan baru di bawah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendatang lebih proaktif untuk mendukung dunia usaha dan investasi.

"Harapan utama terhadap pemerintahan yang baru adalah adanya kebijakan yang lebih proaktif dalam mendukung dunia usaha dan investasi," ujar Presiden AGCI Salim Suharis dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Pemerintah mendatang, lanjutnya diharapkan dapat menciptakan iklim bisnis yang kondusif, dengan regulasi yang lebih sederhana dan transparan.

Dukungan terhadap inovasi dan pengembangan teknologi juga sangat penting untuk meningkatkan daya saing nasional, tambahnya.

Selain itu, diharapkan pemerintah dapat memperkuat kerja sama internasional dan membuka akses pasar global yang lebih luas bagi produk dan jasa dari Indonesia.

Baca juga: Rupiah melemah di tengah kekhawatiran kebijakan fiskal pemerintah baru

"Yang tidak kalah penting, adanya komitmen untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Salim Suharis juga menekankan pentingnya regulasi dan kebijakan yang mendukung dunia usaha.

Dikatakannya, pengusaha membutuhkan regulasi yang mendukung kemudahan berbisnis, seperti simplifikasi perizinan dan pengurangan birokrasi.

Kebijakan yang mendukung akses terhadap modal, baik melalui pinjaman bank maupun investasi, juga sangat penting.

Selain itu, perlindungan hak kekayaan intelektual dan kepastian hukum dalam bisnis menjadi hal yang krusial.

"Pemerintah juga perlu terus memperbaiki infrastruktur digital untuk mendukung transformasi digital yang sedang berlangsung," ujar Salim yang baru saja ditetapkan sebagai Presiden AGCI dalam Munas I AGCI, Sabtu (6/7).

Sementara itu dalam kegiatan Munas yang digelar di Bandung itu Grand Master Coach Dr. Fahmi menegaskan AGCI harus bisa memberikan manfaat secara nyata melalui program Jelajah Indonesia Gemilang dan Jaringan Indonesia Berdaya.

Asosiasi G Coach Indonesia (AGCI) merupakan wadah bagi para alumni program Grounded Business Coaching yang beranggotakan lebih dari 5.000 orang di seluruh Indonesia.

"Visi kami mewujudkan kontribusi nyata dan peran aktif G Coach di segala aspek kehidupan untuk memicu akselerasi kemakmuran bagi bangsa Indonesia," katanya.

Baca juga: Menkeu serahkan kebijakan PPN 12 persen ke pemerintah baru

Baca juga: Prabowo: Pemerintah baru Indonesia bersedia dorong kerja sama RI-China



 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024