Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Senin mengirim surat ucapan selamat kepada Forum Pembangunan Hijau negara-negara Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Xi mengatakan bahwa melindungi lingkungan dan mendorong pembangunan hijau sudah menjadi konsensus dari negara-negara SCO.

Menurut Xi, China yang berkomitmen pada filosofi bahwa perairan yang jernih dan pegunungan yang subur merupakan aset yang tak ternilai harganya, dalam beberapa tahun terakhir dengan tekun mengupayakan model pembangunan yang baik yang bercirikan produksi yang meningkat, standar hidup yang lebih tinggi, serta ekosistem yang sehat, yang mengarah pada pencapaian luar biasa dalam pembangunan China.

Melalui forum ini, masih kata Xi, China berharap dapat memperkuat komunikasi dan kerja sama di bidang pembangunan hijau dengan semua pihak guna mendorong pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan di semua negara serta mempromosikan koeksistensi harmonis antara manusia dan alam.

Seraya menggambarkan SCO sebagai model untuk jenis baru hubungan internasional dan kerja sama regional, Xi mengungkapkan bahwa China baru-baru ini telah mengambil alih kepresidenan bergilir SCO.

China siap bekerja sama dengan semua pihak untuk meneruskan Semangat Shanghai, memperkuat persatuan dan koordinasi, memajukan pembangunan hijau, menulis babak baru pembangunan bersama, serta bersama-sama membangun komunitas SCO yang lebih erat dengan masa depan bersama, lanjut Xi.

Forum Pembangunan Hijau Negara-Negara SCO dibuka pada Senin di kota pesisir Qingdao di Provinsi Shandong, China timur.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024