Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam mencatat 14 kloter, dengan total 6.219 haji sudah kembali dari Tanah Suci.

Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Senin, mengatakan jamaah haji tersebut terdiri dari Provinsi Kepri dan Riau.

"Sampai saat ini sudah 14 kloter yang tiba di debarkasi, jamaah Riau 5.323 orang, jamaah Kepri 894 orang, dan ada tambahan jamaah haji dari Kalbar 1 orang dan Jambi 1 orang," kata Syafii.

Ia menyampaikan, angka tersebut menyusul kedatangan jamaah haji Kloter 14 sebanyak 388 orang melalui Bandara Hang Nadim Batam pada Ahad (7/7) sekitar pukul 07.40 WIB.

Ia menambahkan ada 3 orang haji dari Kloter BTH-14 yang meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, yaitu Arsyaf Paweliang Maketti asal Kabupaten Indragiri Hilir yang mengidap sakit jantung iskemik akut; Awallufin Panjaitan asal Kabupaten Rokan Hilir yang mengidap sakit syok kardiogenik; Uminem Sumo Taruno asal Kabupaten Rokan Hilir yang mengidap sakit asma, wafat di Arafah.

Baca juga: Debarkasi Batam sudah fasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air

Baca juga: 299 haji asal Kabupaten Siak tiba di Batam


"Jamaah Kloter 14 yang kembali ke Tanah Suci berasal dari Kabupaten Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Bengkalis. Selain itu, juga ada 2 orang haji yang dimutasi keluar ke Kloter 12," ujar dia.

Sebelumnya, PPIH meminta jamaah haji Indonesia untuk melapor ke puskesmas terdekat bahwa mereka baru saja kembali dari menunaikan ibadah haji sehingga kondisi kesehatannya bisa terpantau.

"Jamaah haji yang telah kembali ke Indonesia akan dipantau kesehatannya selama 21 hari oleh Dinas Kesehatan setempat," ujar Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda di Jakarta, Senin.

Operasional pemulangan jamaah haji ke Tanah Air masih terus berlangsung. Hingga 7 Juli 2024 pukul 21.00 WAS jamaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air mencapai 115.181 orang dan tergabung dalam 293 kelompok terbang (kloter).

Sementara jamaah gelombang II terus diberangkatkan dari Makkah ke Madinah, untuk selanjutnya menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air.*

Baca juga: 450 haji Riau dijadwalkan tiba di Batam 24 Juni 2024 

Baca juga: Inovasi layanan lansia dinilai permudah jamaah melakukan ibadah haji

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024