Kami menjaga keandalan pasokan listrik dengan melakukan berbagai pemeliharaan baik di Gardu Induk ataupun pada tower SUTT/ET
Surabaya (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) memastikan keandalan sistem transmisi untuk menyalurkan pasokan listrik selama ajang Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November Surabaya pada 17-29 Juli 2024.

General Manager PLN UIT JBM Amiruddin di Surabaya, Senin, mengatakan, pihaknya berkomitmen memastikan sistem transmisi andal untuk melayani kebutuhan pelanggan, terutama dalam penyelenggaraan kegiatan baik nasional hingga internasional.

"Kami menjaga keandalan pasokan listrik dengan melakukan berbagai pemeliharaan baik di Gardu Induk ataupun pada tower SUTT/ET (saluran udara tegangan tinggi/ekstra tinggi)," kata Amiruddin.

Selain itu guna memastikan sistem transmisi andal untuk memasok kebutuhan listrik selama penyelenggaraan AFF U-19 dengan pembersihan isolator dilakukan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) pada akhir pekan lalu (6/7).

"Kami membersihkan isolator di delapan titik tower yang berada pada jalur SUTT 150kV Altaprima – Surabaya Barat dengan menghilangkan polutan yang menempel pada isolator akibat polusi, hal ini untuk memastikan material transmisi berfungsi optimal menghadapi cuaca," ucap Amiruddin.

Baca juga: PLN pastikan kondisi kelistrikan aman dan tidak terdampak gempa

Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik aman saat Pemilu 2024


Dia juga menyebut dalam pemeliharaan petugas juga melakukan validasi pada jalur right of ways (ROW).

"Diperlukan untuk memvalidasi ROW untuk pengamatan kondisi sepanjang jalur tower transmisi dipastikan aman dari gangguan eksternal atau benda asing maupun peralatan itu sendiri," tuturnya.

Pemeliharaan material transmisi penting dilakukan secara rutin, agar pasokan listrik tidak terganggu karena kondisi isolator yang terpapar polusi.

"Pengukuran corona pada SUTT juga dilakukan untuk memastikan keandalan sistem transmisi. Corona ini merupakan kondisi ketika penghantar terionisasi dan dapat menyebabkan partial discharge pada permukaan konduktor saluran transmisi ketika kuat medan listrik dari konduktor melebihi tegangan tembus dari udara sekeliling, sehingga terjadi rugi daya pada SUTT/SUTET," ujarnya.

PLN UIT JBM berkomitmen mempersiapkan seluruh infrastruktur kelistrikan aman.

"Pemeliharaan dilakukan untuk memastikan kesiapan sistem transmisi andal dukung turnamen berlangsung aman dan lancar," katanya.

Baca juga: PLN gelar "Inspection Day" serentak di Indonesia

Baca juga: PLN Jatim sambung 24,74 MVA pelanggan bisnis dan industri di awal 2024

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024