Bantuan dari Bapak Presiden Jokowi ini untuk mendukung program TNI AD memberikan fasilitas air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan
Hulu Sungai Utara, Kalsel (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1001/Hulu Sungai Utara-Balangan (HSU-BLG) membangun sumur bor tahap kedua bagi warga di wilayah kekeringan air bersih yang merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung program TNI AD Manunggal Air Bersih (TMAB).

“Bantuan dari Bapak Presiden Jokowi ini untuk mendukung program TNI AD memberikan fasilitas air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Senin.

Baca juga: Polresta bantu sumur bor atasi kesulitan air bersih warga di Kendari

Dia menyebutkan, pembuatan sumur bor tahap dua bantuan dari Presiden Jokowi, dibangun di wilayah kesulitan air bersih, yakni di Desa Rantau Karau Hulu, Kecamatan Sungai Pandan.

“Program TNI Manunggal Air Bersih merupakan salah satu program penting TNI AD selain dari program ketahanan pangan. Kami ingin hadir sebagai solusi di tengah-tengah kesulitan yang dialami masyarakat,” ujar Gunantyo.

Dia menjelaskan, program ini menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi saat musim kemarau panjang tiba tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Gunantyo juga turun langsung ke lokasi pembangunan sumur bor bantuan presiden tersebut, guna memastikan perkembangan dan proses pembuatan sumur bor berjalan dengan lancar serta tidak ada hambatan.

Baca juga: Polres Trenggalek serahkan bantuan sumur bor untuk warga 

Ia berpesan kepada jajarannya agar bekerja secara maksimal dan mengutamakan faktor keselamatan, hal ini untuk memastikan masyarakat sekitar Desa Karau Hulu dapat segera menggunakan fasilitas air bersih di tengah perubahan iklim yang terus mempengaruhi kebutuhan air.

Pembangunan sumur bor tahap dua bantuan dari Presiden Jokowi, melibatkan personel dari Koramil 1001-08/Sungai Pandan.

“Karena air bersih merupakan kebutuhan utama masyarakat sehingga sangat penting bagi kehidupan kita,” ujar Gunantyo.

Baca juga: Polres Jembrana bantu bangun sumur bor atasi krisis air bersih

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024