Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.


1. Polres Lampung Tengah tahan anggota DPRD tembak warga hingga meninggal

Kepolisian Resor (Polres) Lampung Tengah, Polda Lampung, menahan anggota DPRD Lampung Tengah berinisial MSM (42) yang melepaskan tembakan saat tradisi pernikahan, sehingga mengakibatkan seorang warga meninggal dunia pada Sabtu (6/7).

"MSM telah kami tetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa penembakan saat tradisi pernikahan yang mengakibatkan seorang warga meninggal dunia," kata Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, di Kota Metro, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


2. Kaops Damai Cartenz: Anggota KKB tewas tertembak saat ditangkap di Topo

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigjen Pol Faizal Rahmadani mengatakan tim gabungan Satgas Damai Cartenz dan Polres Nabire terpaksa menembak Basoka Lawiya, anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya di Topo, Nabire, karena melawan dan berupaya melarikan diri saat ditangkap.

"Memang benar karena melawan dan berupaya kabur maka anggota melepaskan tembakan yang mengenainya hingga menyebabkan Basoka kehilangan darah akibat luka tembak yang dialaminya," kata Kaops Satgas Damai Cartenz Brigjen Pol Faizal Rahmadani dalam keterangan tertulisnya, di Jayapura, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


3. Jimly: Gugatan Anwar Usman di PTUN salah alamat

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menilai gugatan Hakim Konstitusi Anwar Usman di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta sebagai “salah alamat” atau salah sasaran.

“Objek yang dinilai di pengadilan hukum adalah pelanggaran hukum. Akan tetapi, dia bukan melanggar hukum, tapi melanggar kode etik. Jadi, ini objek perkaranya salah alamat,” kata Jimly ketika ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


4. Polisi buka posko pengaduan terkait kasus kematian siswa SMP di Padang

Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) membuka posko pengaduan masyarakat terkait kasus kematian siswa SMP di Kuranji, Padang berinisial AM (14) yang kini menjadi perhatian publik.

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan di Padang, Minggu, mengatakan pembukaan posko itu sebagai wujud transparansi pihaknya dalam memproses kasus tersebut.

"Lewat posko ini siapapun yang punya informasi, data, keterangan serta petunjuk yang terkait dengan peristiwa kematian AM, bisa melaporkannya di sana," katanya.

Selengkapnya klik di sini.


5. Prajurit Yonif 323/Kostrad ikut mengajar di sekolah darurat Wuyuneri

Pangkoops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto mengatakan bahwa prajurit Satgas Yonif 323/Kostrad ikut terlibat mengajar pada sekolah darurat di Wuyuneri, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Aktivitas mengajar yang dilakukan prajurit Yonif 323/Kostrad itu sekaligus mewujudkan mimpi anak-anak yang ingin kembali bersekolah.

"Yonif 323/Kostrad merupakan salah satu satuan jajaran Komando Operasi TNI (Koops TNI) di Tanah Papua, yang sedang melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan mobil RI-PNG, di wilayah Kabupaten Puncak," kata Pangkoops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto dalam keterangan tertulisnya,Minggu.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024