Jakarta (ANTARA) -
Pada Minggu (7/7), perayaan tahun baru Islam menjadi topik yang banyak diikuti oleh pembaca, salah satunya pewaris kerajaan Aceh menggelar upacara memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah.
 
Adapula berita tentang erupsi Gunung Semeru yang kembali terjadi, hingga warta soal penyelenggaraan Research and Development 20 (RD20) Summer School 2024 yang diinisiasi BRIN.

Berita-berita tersebut telah dirangkum dan dapat diikuti dalam ringkasan berikut.
 
 
Keluarga besar pewaris Kerajaan Aceh Darussalam menggelar upacara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Istana Darul Ihsan, Banda Aceh, Minggu.

Upacara dipimpin Pewaris Diraja Kerajaan Aceh Darussalam Tuangku Muhammad ZN (I) Al Haj, dengan puncak upacara yang ditandai dengan pembacaan Maklumat Malikul Adil, Majelis Istiadat Diraja Kerajaan Aceh Darussalam.
 
Selain pewaris keluarga Kerajaan Aceh Darussalam, upacara juga dihadiri utusan keluarga Kerajaan Thailand, Malaysia, dan lainnya, serta Majelis Adat Melayu Indonesia. Para peserta upacara mengenakan baju kebesaran kerajaan, termasuk mengenakan lencana penghargaan di dada.
 
 
Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur erupsi dengan letusan teramati hingga ketinggian 1 kilometer di atas puncak atau 4.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Minggu pukul 04:58 WIB.
 
"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 137 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Ghufron Alwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang.
 
 
Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli di Indonesia adalah sebuah tanda bakti para ahli perpustakaan yang tidak hanya untuk mencerdaskan anak bangsa tetapi juga mampu memanfaatkan kecerdasan itu untuk kemajuan bersama.
 
Data dari laman Perpustakaan Nasional yang diakses di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa mencerdaskan dan menyejahterakan anak bangsa adalah tugas dari perpustakaan sebagaimana bunyi amanah Undang-Undang Dasar 1945 yang esensinya yakni untuk mengurangi masyarakat marjinal.
 
Untuk itu pula tujuan dari keberadaan Pustakawan. Secara general profesi ini memiliki tiga bidang utama mulai dari pengelolaan perpustakaan (memilih, memperoleh, dan mengolah bahan pustaka sesuai kebutuhan pengguna atau pemustaka seperti pelajar, mahasiswa dan seterusnya).
 
 
Tim SAR memutuskan untuk memperpanjang dua hari proses pencarian korban tanah longsor di Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Blitar, Jawa Timur (Jatim), setelah memasuki hari ketujuh pencarian korban belum juga ditemukan.
 
"Hasil koordinasi dengan BPBD Kabupaten Blitar dan unsur SAR gabungan lainnya disepakati bahwa operasi SAR akan diperpanjang selama dua hari," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Muhamad Hariyadi dalam keterangannya, di Blitar, Minggu.
 
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar ajang Research and Development 20 (RD20) Summer School 2024 untuk mengeksplorasi isu terkait transisi energi dan upaya dekarbonisasi, dalam mewujudkan sistem energi yang berkelanjutan.
 
Kegiatan yang bertemakan “Diversity of Knowledge on Decarbonization in Just Energy Transition Mechanism” ini dihadiri oleh sejumlah peneliti muda dari negara-negara G-20, dan akan berlangsung di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor pada Senin-Sabtu, 8-13 Juli 2024.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024