Jakarta (ANTARA) - Mantan pelatih dan kapten Hong Myung-bo akan kembali memimpin tim nasional Korea Selatan, demikian diumumkan Federasi Sepak bola Korea Selatan (KFA), pada Minggu.
 

“Kami telah menunjuk Hong sebagai pelatih kepala tim nasional kami selanjutnya,” kata juru bicara KFA kepada AFP, tanpa memberikan detail mengenai kontrak Hong.

  Penunjukan Hong terjadi lima bulan setelah pelatih sebelumnya Jurgen Klinsmann dipecat. Klinsmann didepak setelah Korsel secara mengecewakan tersingkir di semifinal Piala Asia pada Februari silam.

Baca juga: Hong Myung andalkan skuat muda Korea Hong kembali sebagai pelatih timnas Korsel sepuluh tahun setelah ia mengundurkan diri, sebagai dampak dari tersingkirnya tim asuhannya di fase grup Piala Dunia 2014 di Brazil.

  Ia dinilai sebagai salah satu tokoh sepak bola terbaik Korsel. Sebagai pemain bertahan, ia merupakan kapten Korsel saat mereka mencapai semifinal Piala Dunia 2002, dan merupakan pencetak gol penentuan pada adu penalti melawan Spanyol di perempat final.

  Klinsmann didepak hanya setelah satu tahun mengisi posisi pelatih, menyusul kekalahan 0-2 dari Jordania pada Piala Asia.

  Sebelum Klinsmann dipecat, timnya sempat mengalami kisruh setelah kekalahan di semifinal itu, ketika Son Heung-min dan Lee Kang-in bersitegang. Perseteruan itu kemudian membuat Son mengalami cedera jari.

  Belakangan, Klinsmann menyebut bahwa ia dan staf kepelatihannya bertanggung jawab atas perselisihan itu.

  Incaran pertama KFA untuk menggantikan Klinsmann adalah mantan pelatih Leeds United Jesse March, tetapi ia kemudian memilih untuk berlabuh di timnas Kanada.

  KFA juga dilaporkan sempat melakukan pembicaraan dengan pelatih timnas Irak, Jesus Casas, serta Senol Gunes, dan mantan pelatih timnas Arab Saudi Herve Renard.

  Hong akan memimpin Korsel ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, yang akan diselenggarakan di AS, Kanada, dan Meksiko.


Baca juga: Korsel tunjuk pelatih sementara yang baru sebagai suksesor Klinsmann

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024