Jakarta (ANTARA) - Produser film populer "Titanic" dan "Avatar" sekaligus peraih Piala Oscar Jon Landau meninggal dunia pada usia ke-63 tahun.

Dikutip dari The Hollywood Reporter pada Minggu, kabar mengenai kematiannya dikonfirmasi oleh putra John, Jamie Landau. John meninggal pada Jumat (6/7) di Los Angeles, Amerika Serikat setelah berjuang melawan penyakit kanker selama 16 bulan.

Lahir di New York pada 23 Juli 1960, Landau lahir dari keluarga yang juga berkecimpung di industri perfilman di mana ayahnya adalah seorang produser.

Baca juga: Produser dan sutradara Ivan Reitman meninggal dunia

Sepanjang karirnya, Landau memproduksi banyak film antara lain "Honey, I Shrunk the Kids" (1989) dan "Dick Tracy" (1990) sebelum dia menghabiskan waktu selama lima tahun sebagai eksekutif di Fox, mengawasi sejumlah penggarapan film seperti "Die Hard 2" (1990), "The Last of the Mohicans" (1992), "Mrs. Doubtfire" (1993) and "Cameron’s True Lies" (1994).

Setelah Landau memutuskan hengkang dari Fox dan kembali menjadi produser, dia mengaku mendapatkan tawaran dari tiga sutradara untuk mengerjakan proyek film bersama. Akhirnya, Landau menjatuhkan pilihannya kepada James Cameron ketika hendak memproduksi film yang saat ini dikenal dengan judul "Titanic" (1997).

Baca juga: Vajna produser film "Rambo" meninggal di usia 74 tahun

Film "Titanic" mengantarkan Jon dan James mendapatkan penghargaan di Academy Awards atau yang juga dikenal sebagai Piala Oscar, film tersebut berhasil menyabet 11 dari 14 nominasi di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Kolaborasi Jon dan James juga melahirkan film "Avatar" yang tayang pada tahun 2009 silam. Hingga saat ini, "Avatar" masih menduduki posisi puncak sebagai film terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan mencapai 2,92 miliar dolar AS.

Baca juga: Produser Film "Police Woman" Meninggal Dunia

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024