Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak seluruh umat Muslim menghayati makna Tahun Baru Islam 1446 Hijriah/2024 Masehi dengan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Hal itu disampaikan Wapres melalui unggahan media sosial Instagram @kyai_marufamin yang dipantau di Jakarta, Minggu.

"Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah kepada seluruh umat Islam di tanah air. Mudah-mudahan kita bisa menghayati makna Tahun Baru Islam dengan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan," kata Wapres.

Dia juga mengajak makna Tahun Baru Islam dihayati dengan memperbanyak kontribusi positif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengajak umat Muslim menjadikan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah sebagai momentum peningkatan takwa dan keimanan kepada Allah SWT.

Presiden melalui akun Instagram @jokowi memanjatkan doa dan harapan agar Tahun Baru Islam kali ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesuksesan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tahun Baru Hijriah didasarkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah sebagai simbol perjuangan dan pengorbanan dalam mencari ridha Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, namun dengan kesabaran dan keikhlasan, beliau berhasil membangun masyarakat yang adil dan sejahtera di Madinah.

Baca juga: Presiden: Sambut Tahun Baru Islam dengan tingkatkan takwa dan iman

Baca juga: Menag ajak jadikan 1 Muharram sebagai inspirasi perbaikan diri

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024