Surabaya (ANTARA) - Kontingen Indonesia meraih juara umum cabang olahraga karate dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024 yang di Gedung Bundar Universitas Islam Malang (Unisma).

Ceyco Georgia Zefanya dan kawan-kawan mendominasi dengan menguasai puncak klasemen akhir dengan torehan 10 medali emas, lima perak dan enam perunggu.

Manajer Karate Kontingen Indonesia Nelson Noak dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, bersyukur atas raihan kontingen Indonesia yang bisa menjadi juara umum ajang pekan olahraga mahasiswa se-Asia Tenggara itu.
 
“Kami bersyukur bisa menjadi juara umum pada penyelenggaraan AUG 2024. Ini bisa terwujud karena komitmen Ketua PB Forki Bapak Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang telah melakukan pembinaan berjenjang di karate,” katanya.
 
Medali emas terakhir karate untuk Indonesia didapat di nomor kumite beregu putri, yang mampu menang atas Thailand dengan skor 9-5.
 
Sedangkan peringkat kedua disusul Thailand dengan perolehan empat emas, delapan perak, dan satu perunggu. Sementara ranking ketiga ditempati Malaysia yang mendapatkan tiga emas, tiga perak, delapan perunggu.
 
Nelson menjelaskan, dalam ajang kompetisi olahraga multieven dua tahunan tersebut PB Forki menurunkan atlet terbaiknya yang telah mengikuti training camp (TC) selama dua minggu.
 
“Kami memang menurunkan atlet-atlet terbaik hasil kejurnas yang langsung mengikuti training camp selama dua minggu di LANUD Abdul Rachman Saleh guna mendapat aklimatisasi dan mengoptimalkan persiapan menuju AUG, sehingga dapat meraih hasil maksimal di sini," ujarnya.
 
Sementara itu, karateka Indonesia Ceyco Geoegia mengaku bangga bisa mempersembahkan medali emas keduanya untuk Indonesia.
 
Sebelumnya, Ceyco juga berhasil mempersembahkan emas di kelas -68 kilogram putri.
 
“Saya sangat bersyukur sekali bisa kembali mengumandangkan Indonesia Raya di AUG. Kami memang bertekad untuk tampil optimal, sehingga tadi juga kami sama-sama saling memotivasi satu sama lain untuk memberikan penutup sempurna bagi Indonesia di AUG 2024,” ujar Ceyco.
 
Berikut hasil medali emas Karate Indonesia:
Karate - Men’s Kata Individual an Ahmad Zigi Zaresta
Karate - Men’s +84kg an Daniel Hutapea
Karate - Women’s -68kg an Ceyco Georgia Zefanya
Karate - Women’s +68kg an Hera Irnandha
Karate - Men’s -84kg an Mohammad Faddish
Karate - Men’s -75kg an Muhammad Miguel Lionel Putro
Karate-Men’s Kata Team an Akhmad Raihan dkk
Karate-Women’s Kata Team an Amylia Putri dkk
Karate-Women’s Kumite -55kg an Fiftari Amelza
Karate-Women’s Kumite Team an Ceyco Georgia Zefanya dkk.

Baca juga: Indonesia juara umum ASEAN University Games 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024