Jakarta (ANTARA) - Beberapa temuan menunjukkan platform jejaring sosial X semakin mengintegrasikan layanannya dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) besutan xAI Grok yang keduanya sama-sama dimiliki Elon Musk.

Dikutip dari Tech Crunch pada Minggu, temuan ini diungkapkan oleh seorang peneliti independen di bidang aplikasi Nima Owji. Baru-baru ini, Nima menemukan bahwa terdapat fitur-fitur baru di laman web X yang terintegrasi dengan chatbot Grok namun aksesnya masih belum terbuka untuk semua pengguna.

Contohnya, Nima menemukan bahwa Grok kini dapat diakses oleh pengguna sembari menjelajah X melalui fitur pop-up yang terdapat di sisi kanan layar. Langkah ini mirip seperti ketika pengguna membuka pesan langsung (direct messages/DM) yang akan memunculkan jendela kecil berisi semua percakapan pengguna.

Baca juga: Elon Musk akan bangun supercomputer untuk pengembangan chatbot AI Grok

Format seperti ini menunjukkan bagaimana perusahaan teknologi lainnya seperti Google dan Microsoft mulai mengintegrasikan chatbot AI buatan mereka ke dalam aplikasi produktivitasnya. Salah satunya dengan memberikan kemudahan akses pengguna untuk membuka chatbot AI.

Dengan kemudahan akses ini, pengguna X akan semakin mudah untuk melakukan percakapan dengan Grok, termasuk saat ingin mendapatkan informasi baru ketika ingin mengunggah sesuatu maupun menjelajahi timeline.

Selain itu, Nima menemukan bahwa Grok juga bisa membantu pengguna untuk mengetahui profil sebuah akun dan terdapat fitur Ask Grok yang memberikan informasi mengenai istilah-istilah tertentu yang pengguna temukan pada unggahan.

Baca juga: X gunakan chatbot Grok untuk hadirkan fitur rangkuman berita

Akan tetapi, saat ini belum diketahui informasi seperti apa yang bisa dibagikan Grok saat pengguna ingin mencari tahu mengenai profil sebuah akun.

Sedangkan fitur Ask Grok memungkinkan pengguna untuk menemukan definisi atau penjelasan soal sebuah istilah yang ditemukan dalam suatu unggahan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup menyoroti istilah yang dimaksud dengan cara menahan dan menggeser kursor di kata tersebut, kemudian klik tombol "Ask Grok" yang otomatis muncul di bawah kata tersebut.

Fitur ini disebut akan memudahkan pengguna dalam mencari tahu soal berita maupun informasi yang ditemukan di X serta topik-topik lainnya yang ingin diketahui lebih dalam.

Baca juga: X sediakan akses chatbot Grok bagi pelanggan premium

Baca juga: Elon Musk bakal hadirkan chatbot AI Grok ke lebih banyak pelanggan X

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024