Johannesburg (ANTARA) - Pemimpin junta militer tiga negara Afrika barat yakni Mali, Burkina Faso, dan Niger memastikan pembentukan konfederasi dalam pertemuan tingkat tinggi (KTT) mereka di ibu kota Niger, Niamey.

Dalam pertemuan pada Sabtu (6/7) tersebut, ketiga pemimpin yang berkuasa melalui kudeta militer tersebut menandatangani deklarasi bersama pendirian konfederasi.

"KTT ini menandai langkah penting bagi masa depan bersama," ucap Ibrahim Traore, pemimpin junta Burkina Faso, dalam pernyataannya di media sosial X.

"Bersama, kami akan mengonsolidasikan dasar kemerdekaan sejati kami, jaminan akan perdamaian sejati, dan pembangunan berkelanjutan melalui pembentukan Konfederasi 'Aliansi Negara-negara Sahel'," ucap Traore. Sahel adalah suatu wilayah yang membentang dari Samudera Atlantik ke Tanduk Afrika.

KTT tersebut menandai putusnya hubungan antara ketiga negara tersebut dengan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS).

Ketiga pemimpin junta tersebut sejak tahun lalu mengancam mengeluarkan negaranya dari organisasi tersebut meski sejumlah upaya rekonsiliasi ditempuh.

Hubungan ketiga negara itu dengan ECOWAS memanas setelah kudeta militer di Niger yang dilancarkan oleh Jenderal Abdourahamane Tiani berhasil menggulingkan Presiden Mohamed Bazoum pada Juli tahun lalu.

Menyusul kudeta tersebut, ECOWAS menjatuhkan sanksi kepada pemimpin militer Niger dan mengancam melakukan intervensi demi mengembalikan pemerintahan yang sah.

Pemimpin junta militer Mali dan Burkina Faso, yang terlebih dahulu berkuasa melalui kudeta di negara masing-masing, menyatakan dukungan kepada Niger.

"AES (Aliansi Negara-Negara Sahel) memiliki potensi sumber daya alam beragam yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan menjamin masa depan yang lebih baik untuk rakyat Niger, Mali, dan Burkina Faso," kata Traore.

Ketiga negara yang memiliki jumlah populasi gabungan sebesar 72 juta tersebut sama-sama mengalami gejolak akibat kelompok militan.

Konfederasi itu akan memberi landasan bagi ketiga negara Afrika barat tersebut dalam memperkuat kerja sama keamanan dan membina hubungan ekonomi yang lebih erat.

Sumber: Anadolu

Baca juga: 3 negara kawasan Sahel di Afrika Barat keluar dari blok ECOWAS
Baca juga: Uni Eropa siapkan landasan sanksi bagi pimpinan kudeta Niger

Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024