Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi meraih juara latihan gabungan kepramukaan antarwarga binaan pemasyarakatan se-Provinsi Jawa Barat yang digelar di area Lapas Warungkiara Kabupaten Sukabumi pada 5-7 Juli 2024.

"Alhamdulillah, kami patut bangga terhadap apa yang telah dicapai oleh warga binaan kami," kata Kepala Lapas Kelas IIA Cikarang Imam Sapto Riadi, di Cikarang, Minggu.

Ia mengatakan persaingan pada perlombaan ini tidak mudah mengingat ajang ini diikuti 29 regu dari setiap lapas, rumah tahanan, maupun Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Setiap regu mengirimkan 10 warga binaan mewakili lapas, rutan, dan LPKA untuk mengikuti perkemahan yang diisi sejumlah perlombaan mulai dari penampilan yel-yel, lomba baris-berbaris, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), pengetahuan umum dan kepramukaan, serta lomba pioneering.

Baca juga: Lapas Cianjur gelar wisuda kenaikan kelas 59 warga binaan

"Kami meraih juara pertama pada lomba P3K dan juara tiga lomba Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Kepramukaan (PUPK)," katanya.

Mengusung tema "Mengabdi tanpa batas untuk membangun generasi bangsa didasarkan Trisatya dan Dasa Dharma" para warga binaan bisa menjadikan latihan gabungan kepramukaan ini menjadi pertemuan yang sehat, menyenangkan, mengesankan, nyaman, sopan, bersih, tertib, dan teratur.

Kegiatan ini menjadi wadah para warga binaan menunjukkan berbagai macam keahlian dan keterampilan dalam bidang kepramukaan melalui lomba dan pembekalan materi yang diikuti.

"Kita tentu berharap warga binaan dapat meningkatkan kreativitas, produktif, dan edukatif, serta dapat mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, kecakapan, keterampilan, juga pengalaman pramuka," ucapnya.

Baca juga: Warga binaan Lapas Salemba ikut latihan tata boga dan kerajinan tangan

Latihan gabungan kepramukaan Lapas/Rutan/LPKA se-Jawa Barat ini dibuka oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan  Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Erwedi Supriyatno mewakili Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Pembukaan kegiatan dihadiri pula Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jawa Barat, Kepala Lapas/Rutan/LPKA se-Jawa Barat, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi.

"Kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kepribadian warga binaan pemasyarakatan di lingkungan lapas, rutan, dan LPKA di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat," kata Erwedi Supriyatno.

Baca juga: Pemkab Cianjur dapat penghargaan "Pesantren Lapas" dari Kemenkumham

Erwedi berharap kegiatan kepramukaan ini juga mampu meningkatkan sikap kedisiplinan, kepedulian terhadap sesama, jiwa persatuan dan kesatuan, serta jiwa kewirausahaan bagi warga binaan pemasyarakatan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024