Jakarta (ANTARA) - Seratus orang lebih mengikuti lomba menari tortor (seni tari tradisional asal Sumatera Utara) di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB/car free day (CFD), Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Selain lomba menari tortor, kami juga menyelenggarakan peragaan busana tradisional Batak," kata Direktur Proyek Lomba Tari Tortor Martha Simanjuntak di Jakarta, Minggu.
Peserta sedang menari tortor di kawasan CFD, Jakarta Pusat (7/7/2024). ANTARA/Ganet

Dalam acara ini juga diselenggarakan pameran pernikahan Batak (Wedding Batak Exhibition 2024) yang diselenggarakan Helaparumaen dan Chathaulos.

Martha menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Wedding Batak Exhibition 2024 pada 7-8 September 2024 di SMESCO Convention Hall Jakarta.

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Batak yang kaya dan beragam, serta memberikan platform bagi talenta-talenta muda untuk menunjukkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam fesyen dan tarian tradisional Batak.

Baca juga: Tersangka penjambretan di HBKB Jakarta sudah tiga kali beraksi

Peserta lomba peragaan busana akan ditantang untuk memamerkan budaya melalui busana tradisional Batak.

Sementara itu, Lomba Manortor (tari tortor) akan menjadi panggung bagi penari-penari berbakat untuk menunjukkan kebolehannya menari salah satu tarian tradisional Batak yang paling ikonik.

Acara ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas dengan mengundang pemengaruh (influencer) Batak dan komunitas Batak.

Helaparumaen dan Chathaulos adalah dua organisasi yang selama ini dikenal dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Batak.

Keduanya berkomitmen untuk menyediakan platform bagi masyarakat Batak dan masyarakat luas untuk belajar, menghargai dan merayakan budaya dan tradisi Batak.

Baca juga: Bingung akhir pekan? Yuks ke Lebaran Tenabang atau Maliq di CFD

Ajang pesta tradisional Batak ini menyita perhatian masyarakat yang tengah berolahraga di kawasan CFD sehingga pusat kegiatan yang berada di depan Sarinah Thamrin ini dipadati mereka yang ingin menonton.
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024