Jakarta (ANTARA) -
Dewa United Banten dipastikan menjadi juara babak reguler Indonesian Basketball League (IBL) 2024, meski kalah dari Satria Muda Pertamina Jakarta (SM) dengan skor 75-90, pada pertandingan terakhir di kandang, Sabtu (6/7).
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu, selama melakoni 26 pertandingan, Lester Prosper dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan 48 poin dengan rekor 22 kali kemenangan dan empat kekalahan. 
 
Pelita Jaya Jakarta (PJ) yang berada di peringkat kedua, berpotensi menyamakan perolehan poin dari skuad asuhan Pablo Favarel, bila menang dalam pertandingan terakhir melawan Satria Muda Pertamina Jakarta pada hari ini, Minggu.
 
Namun, kemenangan PJ itu tidak akan mengubah status Dewa United sebagai juara babak reguler, karena Prosper dan lainnya unggul perolehan poin pertandingan atau head to head melawan klub asal Jakarta itu.
 
Pada pertemuan pertama, PJ menang dari Dewa dengan skor 103-98. Tetapi, pada laga kedua, Dewa sukses menumbangkan PJ dengan skor 93-70.
 
Dengan hasil saling menumbangkan lawan di kandang itu, selisih poin pertandingan keduanya menjadi 18 angka untuk keunggulan skuad Favarel.
 
Babak reguler IBL 2024 akan berakhir pada hari ini. Untuk fase berikutnya, sebanyak delapan tim dari total 14 peserta sudah berhasil mengunci tempat di babak playoffs yang bergulir pada 11 Juli mendatang, guna bertarung memperebutkan gelar juara IBL dalam tahap akhir liga.
 
Delapan tim itu adalah Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, Kesatria Bengawan Solo, Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, RANS Simba Bogor, Bali United Basketball, dan Borneo Hornbills.
 
Setelah babak reguler berakhir, IBL akan mengumumkan sejumlah penghargaan untuk penyelenggaraan musim ini.
 
Penghargaan itu terdiri dari, IBL League MVP, IBL Local MVP, IBL Rookie of The Year, IBL Defensive Player of The Year, IBL Most Improve Player, IBL Sixthman of The Year IBL.
 
Selain itu, manajemen IBL juga memberikan penghargaan individu untuk pelatih dan wasit, yaitu Coach of The Year dan Referee of The Year.
 
Pengumuman dilakukan pada 11 Juli mendatang atau bertepatan dengan hari pertandingan pertama babak playoffs IBL.
 
Sebelum mengumumkan, penyelenggara akan menentukan sejumlah nominasi dan membuka voting sejak 9 Juli.
 
Pemungutan suara dilakukan oleh perorangan maupun kelompok yang memiliki latar belakang, keahlian, pengetahuan, serta mengikuti perjalanan kompetisi IBL 2024. Mekanisme pemilihan berbeda-beda untuk pemain, pelatih, dan wasit.
 
Voting untuk pemain akan dilakukan oleh kepala pelatih dan media, sedangkan kategori penghargaan untuk pelatih dipungut dari media.
 
Peserta voting untuk penghargaan individu IBL 2024 adalah 14 kepala pelatih dari masing-masing tim kontestan liga, ditambah dengan 10 orang dari perwakilan media atau analis bola basket.
 
Tahapan dari proses ini sendiri akan dimulai pada 9 Juli 2024, yaitu distribusi penilaian nominasi kepada publik dan pemilih, serta pengumuman kandidat atau nominasi dari masing-masing kategori penghargaan individu.
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024