"Kami sangat yakin bahwa semakin bergejolak dan terpecahnya dunia, semakin besar pula... "
Beijing (ANTARA) - Forum Perdamaian Dunia (World Peace Forum/WPF) ke-12 dibuka di Beijing pada Sabtu (6/7), dengan berfokus pada peningkatan tata kelola keamanan global

Mengusung tema "Meningkatkan Tata Kelola Keamanan Global: Keadilan, Persatuan, dan Kerja Sama", forum tahun ini dihadiri oleh sekitar 400 orang, termasuk para mantan pejabat politik luar negeri, utusan diplomatik dari berbagai negara di China, pakar, dan cendekiawan.

Forum itu mencakup empat sesi pleno dan lebih dari 12 sesi panel, yang memberikan kesempatan untuk diskusi mendalam mengenai berbagai topik, seperti mendorong konsep pembangunan damai, menjaga keadilan dan kesetaraan, hubungan negara-negara besar, serta pembangunan dan kerja sama regional.

Situasi internasional saat ini sedang bergejolak, dan sistem internasional sedang menghadapi berbagai risiko dan tantangan yang makin besar, ujar Li Luming, rektor Universitas Tsinghua sekaligus ketua WPF, dalam upacara pembukaan forum tersebut.

"Kami sangat yakin bahwa semakin bergejolak dan terpecahnya dunia, semakin besar pula kebutuhan untuk solidaritas dan koordinasi.

Semakin tegang dan konfrontatif hubungan antarnegara, semakin besar pula kebutuhan untuk dialog dan pertukaran," ujar Li, seraya menambahkan bahwa inilah nilai praktis dari forum tersebut.

Mulai digelar pada 2012 oleh Universitas Tsinghua dan Chinese People's Institute of Foreign Affairs, WPF merupakan forum tingkat tinggi pertama mengenai keamanan global yang diadakan oleh organisasi nonpemerintah China. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024