Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi pada pekan ini, dan bisa dibaca kembali pada hari ini sebagai rangkuman peristiwa pada minggu ini.

Berita diawali dengan penemuan lukisan gua berusia 51.200 tahun oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional di Sulawesi Selatan hingga alasan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin terkait pendatangan sejumlah dokter asing ke Indonesia.

1. BRIN temukan lukisan gua berusia 51.200 tahun, tertua di Indonesia

Tim Peneliti dari BRIN bekerja sama dengan Griffith University dan Southern Cross University, Australia menemukan lukisan gua atau gambar cadas tertua di Indonesia, yang setidaknya berusia 51.200 tahun.

"Penemuan ini merupakan seni cadas pertama di Indonesia yang umurnya melampaui 50.000 tahun," kata Ketua Tim Penelitian dari BRIN, Adhi Agus Oktaviana.

2. Menag ajak jadikan 1 Muharram sebagai inspirasi perbaikan diri

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Islam di Indonesia untuk menjadikan semangat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri.

"Pada momen berharga ini, mari kita meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT. Mari kita jadikan semangat hijrah sebagai inspirasi untuk terus berusaha memperbaiki diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan agama," ujar Menag Yaqut.

3. Unair jelaskan alasan pemberhentian dekan fakultas kedokteran

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memberikan penjelasan terkait alasan pemberhentian Prof. Dr. dr. Budi Santoso, Sp.OG.(K) dari jabatan dekan fakultas kedokteran.

"Alasan atau pertimbangan pimpinan Universitas Airlangga terkait pemberhentian ini adalah merupakan kebijakan internal untuk menerapkan tata kelola yang lebih baik guna penguatan kelembagaan khususnya di lingkungan FK Unair," kata Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) Unair Martha Kurnia Kusumawardani.

4. Menko PMK: Angka kemiskinan 2024 terendah dalam 10 tahun terakhir

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan angka kemiskinan di Indonesia per bulan Maret 2024 merupakan yang terendah dalam 10 tahun terakhir.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2024 angka kemiskinan di Indonesia sebesar 9,03 persen. Angka ini mengalami penurunan sebesar 0,33 persen dari sebelumnya pada bulan Maret 2023 yang 9,36 persen. Angka kemiskinan 9,03 persen ini merupakan angka terendah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir," ujar Muhadjir.

5. Menkes: Dokter asing didatangkan bukan untuk saingi dokter lokal

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tujuan dokter-dokter asing didatangkan ke Indonesia bukan untuk menyaingi dokter lokal.

"Bukan masalah saing-saingan, ini masalah menyelamatkan nyawa 300 ribu orang Indonesia yang kena stroke, 250 ribu yang kena serangan jantung, 6.000 bayi yang kemungkinan besar meninggal tiap tahun," kata Budi

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024