Jakarta (ANTARA) - Lima berita ekonomi pilihan kemarin masih menarik untuk dibaca hari ini Minggu. Mulai dari skema pendanaan UMKM di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah mitra, hingga soal kenaikan harga emas Antam.


 
  Berikut rangkuman beritanya:


 
  OIKN fasilitasi UMKM daerah mitra Kota Nusantara pinjaman tanpa agunan


 
  Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) fasilitasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah mitra Kota Nusantara, untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan atau jaminan dari sejumlah perbankan untuk pengembangan usaha.


 
  "Kami berikan pinjaman modal usaha tanpa jaminan kepada UMKM binaan agar dapat kembangkan usaha untuk penuhi peluang pasar," jelas Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin di Penajam, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu.


 
  Baca berita selengkapnya


 
  Wisatawan tahunan ditarget naik 70 persen berkat Jatiluwih Festival


 
  Manajer Daya Tarik Wisata (DTW) Subak Jatiluwih John Ketut Purna meyakini kunjungan wisatawan tahunan di area terasering khas Bali itu akan naik 70 persen tahun ini berkat dorongan Jatiluwih Festival.


 
  “Kunjungan ke Jatiluwih sudah meningkat 30 persen saat ini, tapi saya yakin dari 30 persen itu target saya bisa mencapai 70-80 persen tahun ini,” kata dia saat membuka Jatiluwih Festival 2024.


 
  Baca berita selengkapnya


 
  Mendag lepas ekspor produk dekorasi UMKM Bantul ke Spanyol


 
  Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melakukan pelepasan ekspor produk kerajinan dari salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ke Spanyol.


 
  "Lumayan ini nilainya 7.000 dolar AS, bahkan perusahaan ini sudah sejak Januari sampai Juni sudah melakukan ekspor dengan nilai 245 ribu dolar AS," kata Mendag pada pelepasan ekspor produk dekorasi CV Palem Craft di Bantul, Sabtu.


 
  Baca berita selengkapnya


 
  Mendag: Semua negara boleh menerapkan bea masuk pengamanan


 
  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa semua negara, tak terkecuali Indonesia, boleh menerapkan bea masuk tindak pengamanan (BMTP) dan bea masuk antidumping (BMAD) terhadap produk impor demi melindungi industri dalam negeri.


 
  "Kalau barang-barang impor itu tiga tahun berturut-turut misalnya melonjak luar biasa, sehingga menghancurkan industri kita, itu boleh tidak hanya Indonesia, siapa saja boleh, negara mana pun boleh," kata Zulkifli usai menghadiri acara Puncak Milad Naisyatul Aisyiyah, di pelataran Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Sabtu.


 
  Baca berita selengkapnya


 
  Harga emas Antam kembali naik, sentuh Rp1,395 juta per gram


 
  Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam), yang dipantau dari laman Logam Mulia, Sabtu pagi, naik sebesar Rp12.000 per gram, sehingga menjadi Rp1.395.000 per gram.


 
  Sebelumnya, harga emas batangan berada di posisi Rp1.383.000 per gram pada Jumat (5/7/2024).


 
  Adapun harga jual kembali (buyback) emas batangan pada Sabtu, yakni sebesar Rp1.262.000 per gram.


 
  Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024