Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo dibuka 0,70 persen lebih tinggi pada Rabu, setelah saham Wall Street melonjak di tengah pernyataan Kepala Federal Reserve Amerika Serikat (AS) Janet Yellen yang menjanjikan akan melanjutkan program kebijakan moneter bank sentral.

Indeks acuan Nikkei - 225 naik 103,39 poin menjadi 14.821,73 di awal perdagangan, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.

Hal itu terjadi setelah Dow Jones Industrial Average melonjak 1,22 persen menjadi 15.994,77 pada Selasa karena saham bereaksi hangat terhadap pernyataan Kepala Federal Reserve AS yang baru Janet Yellen.

"Yellen hanya menyampaikan pernyataan tepat pada pasar, yang meyakinkan bahwa akan ada terobosan besar dengan kebijakan yang ada, sambil tetap berhati-hati," kata general manager ekuitas SMBC Nikko Securities Hiroichi Nishi.

"Bagaimana pasar negara berkembang menangani kebijakan pelonggaran moneter AS yang sedang berlangsung adalah masalah lain, tetapi untuk sekarang dampak bersih pada saham Jepang harus positif."

Dalam komentar publik pertamanya mengenai kebijakan sejak menjadi Kepala Federal Reserve baru awal bulan ini, Yellen mengatakan kepada Kongres pada Selasa bahwa ekonomi AS diperkirakan akan tumbuh tahun ini dan tahun berikutnya pada kecepatan moderat.

Ia menyatakan akan tetap mempertahankan Fed pada jalur untuk pelonggaran secara perlahan dalam program stimulus yang saat ini 65 miliar dolar AS per bulan, suatu rencana yang telah mendorong suku bunga yang lebih tinggi dan menambah gejolak di pasar negara berkembang.

Sementara itu dolar AS mendapat dukungan dari komentar Yellen dan diperdagangkan pada kisaran 102,53 yen pada pembukaan perdagangan Rabu dibandingkan dengan 102,64 yen di New York Selasa sore.

Euro dibeli 1,3636 dolar dan 139,85 yen dibanding dengan 1,3638 dolar dan 139,99 yen.

(S004)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014