Berlin (ANTARA) - Hongaria membatalkan pertemuan antara Menteri Luar Negeri negara itu Peter Szijjarto dan Menlu Jerman Annalena Baerbock yang dijadwalkan akan diadakan di Budapest pada 8 Juli.

Baerbock tidak akan mengunjungi Budapest pada 8 Juli, menurut laporan media Jerman, mengutip Kementerian Luar Negeri Jerman.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri tersebut menyatakan bahwa pihak Hongaria membatalkan pertemuan dengan Szijjarto, seraya menambahkan bahwa pihak Jerman merasa kecewa atas pembatalan tersebut.

"Pertemuan yang serius dan jujur antara kedua menteri luar negeri akan sangat penting mengingat kunjungan Perdana Menteri Orban yang mengejutkan dan tak terkoordinasi ke Moskow."

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengunjungi Moskow pada Jumat dan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kunjungan Orban ke Moskow, yang pertamanya sejak awal perang di Ukraina, dikritik baik oleh Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Joseph Borrell.

Terkait "misi perdamaian" Orban ke Moskow, Michel mengatakan: "Presiden bergilir Uni Eropa tidak memiliki mandat untuk bekerja sama dengan Rusia atas nama Uni Eropa."

Borrell juga menyatakan bahwa Orban tidak mewakili Uni Eropa dalam hal apa pun.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Menlu Hongaria: NATO harus cegah konfrontasi langsung dengan Rusia
Baca juga: Hongaria ambil alih Presidensi UE pascabentuk aliansi sayap kanan baru

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024