Banjarmasin dikenal sebagai kota dagang atau jasa, sehingga arus investasi yang masuk ke Kalimantan Selatan pun mau tidak mau...,
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menawarkan banyak kemudahan bagi investor pada ajang Indonesia Maju Ekspo dan Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta.
 

Menurut Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina di Banjarmasin, Sabtu, Pemkot Banjarmasin ikut berpartisipasi mendirikan saung pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di ajang yang berlangsung dari 4-7 Juli 2024.
 
Pada kesempatan itu, pemerintah kota melakukan promosi untuk menggaet sebanyak mungkin investor yang berniat berinvestasi di kota berjuluk seribu sungai itu 
 
Ibnu Sina menjelaskan, salah satu peluang investasi yang dipromosikan Pemkot Banjarmasin dalam setiap kegiatan berskala nasional adalah mempermudah perizinan usaha para investor yang ingin berinvestasi.
 
Di Kota Banjarmasin, lanjut dia, investasi yang bisa dilakukan para investor adalah terkait barang, jasa dan perdagangan.

Apalagi, Kota Banjarmasin ditunjang dengan ketersediaan dermaga pelabuhan laut sekaligus peti kemas.
 
"Banjarmasin dikenal sebagai kota dagang atau jasa, sehingga arus investasi yang masuk ke Kalimantan Selatan pun mau tidak mau, suka tidak suka memang masuknya harus lewat dari Banjarmasin," kata Ibnu Sina.
 
Pada tahun 2023, terang dia, dari target Rp4 triliun lebih total nilai keseluruhan investasi yang masuk ke Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin mendapatkan Rp1,7 triliun, dan yang paling tinggi dari nilai investasi tersebut adalah jasa telekomunikasi.
 
Keberadaan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kata dia , sangat strategis dalam mendukung menjadi kota barang dan jasa.
 
Karena itulah, beber Ibnu Sina, dalam perencanaan 20 tahun ke depan yang telah masuk dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) 2025-2045, Kota Banjarmasin akan menjadi kota penyangga logistik untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Rancangan peraturan daerah (Raperda) RPJPD Kota Banjarmasin ini sudah diajukan ke DPRD kota," paparnya.
 
Tentunya dengan ini, ucap Ibnu Sina, sangat cerah masa depan investasi di Kota Banjarmasin dari berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, ekonomi kreatif hingga pengembangan UMKM.

Pewarta: Sukarli
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024