Jakarta (ANTARA) - Timnas Uruguay akan berjumpa dengan Brasil pada babak perempat final Copa America 2024 di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Minggu pagi pukul 08.00 WIB.
 
Pertandingan ini dapat dibilang menjadi laga final dini, dikarenakan kedua negara memiliki status sebagai kekuatan besar dari Amerika Selatan.
 
Baik Uruguay maupun Brasil pernah menjadi juara dunia, selain itu kedua negara juga pernah memiliki pengalaman menjuarai Copa America.
 
Meskipun dapat dibilang sebagai pertemuan dua raksasa, namun kondisi kedua negara kini tengah berbeda, Uruguay cukup tampil impresif, sementara Brasil tengah dilanda inkonsistensi.
 
Performa positif Uruguay
 
Menjelang pertandingan ini, Uruguay tentu tengah berupaya untuk melanjutkan performa positif mereka pada gelaran Copa America 2024.
 
Tergabung di Grup C, Uruguay tercatat mampu menyapu bersih tiga pertandingannya, termasuk mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat.
 
Pada pertandingan pertamanya di fase grup, Uruguay tercatat mampu mengalahkan Panama dengan skor 3-1 berkat gol Maximiliano Araujo, Darwin Nunez dan Matias Vina.
 
Uruguay melanjutkan tren positif mereka pada pertandingan kedua dengan mengalahkan sesama negara Amerika Selatan Bolivia dengan skor telak 5-0.
Mathias Olivera dari Uruguay merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama tim pada pertandingan Grup C CONMEBOL Copa America 2024 antara Amerika Serikat dan Uruguay di GEHA Field, Arrowhead Stadium, di Kansas City, Missouri, Senin (1/7/2024). ANTARA/Getty Images via AFP/Michael Reaves/am.

Baca juga: Uruguay menuju perempat final setelah pesta gol 5-0 lawan Bolivia
 
Skuad asuhan Marcelo Bielsa mendapatkan perlawanan sengit pada pertandingan terakhir kontra tuan rumah Amerika Serikat, namun mereka mampu memenangkan laga dengan skor tipis 1-0.
 
Pertandingan kontra Brasil nantinya akan menjadi ujian bagi Darwin Nunez serta kolega untuk melanjutkan tren positif mereka di ajang Copa America.
 
Menjelang laga tersebut, Uruguay memiliki modal positif selain rentetan kemenangan yang mereka dapatkan pada pertandingan penyisihan grup.
 
Pada pertemuan terakhir kedua negara, Oktober 2023 silam, Uruguay tercatat mampu mengalahkan Brasil dengan skor 2-0 pasa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol.

Baca juga: Uruguay hentikan tuan rumah AS untuk masuk 8 besar Copa America 2024

Selanjutnya: Inkonsistensi Brasil

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024