Lombok, NTB (ANTARA) - Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menyabet gelar juara pertama regional championship Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Saya sebagai driver, alhamdulillah kami memenangkan juara satu di kategori urban concept internal combustion engine, terus kami maju ke regional championship dan meraih juara di regional tingkat Asia dan Middle East," ujar pembalap tim Sapuangin ITS Rifky Khaerul kepada awak media usai bersama rekan-rekan melakukan selebrasi kemenangan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Sabtu.

Rifky menjelaskan, tantangan terbesar yang dihadapi saat mengadu kecepatan dengan pembalap lain di lintasan yaitu kondisi angin kencang yang sulit diprediksi.

Baca juga: MGPA adopsi tata kelola keselamatan dari Shell Eco-marathon

Namun, dengan mengendarai mobil terbaru Sapuangin XI Evo 3 yang dirancang lebih aerodinamis, Rifky berhasil melesat dan mencatatkan waktu terbaiknya 26 menit pada balapan yang berlangsung tiga putaran.

Ia mengakui perolehan gelar juara itu tercapai atas kerja sama tim yang solid yang membuatnya mampu tampil tanpa hambatan hingga menjadi yang pertama mencapai garis finis.

"Saya di sini enggak sendirian, ada tim-tim yang luar biasa dengan berperan di divisi masing-masing," ujarnya.

Perolehan juara pertama itu merupakan peningkatan prestasi bagi tim Sapuangin yang pada seri regional championship 2023 lalu berada di peringkat ketiga.

Rifky mengatakan, selanjutnya, timnya menargetkan bisa meraih juara pertama pada gelaran world championship Shell Eco-marathon. Saat mengikuti ajang tersebut pada 2023 lalu di Bangrole, India, tim Sapuangin ITS yang menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia Pasifik dan Timur Tengah, harus puas finis di peringkat ketiga.

"Kami akan terus menerus mengembangkan performa, perjalanan kami enggak akan berhenti di sini yang pasti. Target kami bisa juara di world championship," ujarnya.

Sebagai peraih juara ajang kompetisi inovasi mobil hemat energi regional championship Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, tim Sapuangin ITS berhak atas hadiah dari penyelenggara berupa kesempatan berkunjung dan belajar tentang motor sport di pabrik Ducati Thailand.

Baca juga: Tim pelajar RI sapu bersih tiga kategori di ajang Shell Eco-marathon
Baca juga: Tiga tim Indonesia sapu bersih urban concept Shell Eco-mararhon

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024