Madrid (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dari titik penalti namun juga dilempari kembang api oleh pendukung Atletico saat Real Madrid memastikan tempatnya pada final Copa del Rey atau Piala Raja dengan menang 2-0 (agregat 5-0) atas juara bertahan Atletico Madrid.

Upaya Atletico bangkit dari kekalahan 0-3 di Santiago Bernabeu pekan lalu hancur berantakan hanya pada tujuh menit laga setelah Ronaldo mencetak gol menyusul pelanggaran oleh Manquillo.

Bintang Portugal ini menggandakan golnya sembilan menit kemudian, juga dari titik penalti, setelah Gareth Bale dijatuhkan Emiliano Insua.

Setelah mendapatkan kartu kuning usai cekcok dengan Manquillo, Ronaldo dilempari kembang api oleh pendukung Atletico dan mengenai kepalanya selagi berjalan ke ruang ganti pemain usai babak pertama berakhir.  Tapi peraih Ballon d'Or ini berlanjut main di babak kedua.

Real akan menghadapi Barcelona atau Real Sociedad pada final 19 April nanti, dan Barca sudah unggul 2-0 menjelang laga leg kedua semifinal Kamis dini hari nanti.

Bos Atletico Diego Simeone sepertinya akan menyerah karena tak bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya seperti Juanfran, Diego Godin, dan Arda Turan, sedangkan sekitar empat pemain lainnya absen karena cedera dan terkena larangan bermain.

Sebaliknya pelatih Real Carlo Ancelotti bisa menurunkan tim terkuatnya dan itu dibalas dengan gol tandang begitu Ronaldo mengonversi satu tendangan penalti setelah dia dilanggar Manquillo di kotak penalti.

Atletico berusaha bangkit lewat Raul Garcia beberapa saat kemudian, namun pada menit 16 kembali kebobolan menjadi 2-0 setelah kali ini Bale dijatuhkan Insua dan Ronaldo sukses melepaskan tendangan penalti yang mengarah sudut kanan gawang Atletico yang dijaga Daniel Aranzubia.

Ronaldo tak bisa mengulangi sukses trigolnya pada pertandingan sebelumnya dan kemudian digantikan Jese Rodriguez pada 15 menit waktu terakhir, sedangkan upaya Bale dan Isco digagalkan Aranzubia ketika Real terus bernafsu menambah gol di babak kedua.

Sementara upaya Jose Sosa yang digagalkan Iker Casillas menjadi peluang terbaik Atletico pada pertandingan ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014