Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) modern Sandubaya yang dibangun dengan anggaran Rp19,9 miliar dari bantuan pemerintah pusat dijadwalkan akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Sabtu, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima TPST modern Sandubaya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Peresmian direncanakan bulan Juli ini, dan untuk tanggal kita masih menunggu informasi lebih lanjut. Yang pasti ini menjadi kabar gembira bagi kita," katanya.

Dikatakan, kegiatan peresmian TPST modern Sandubaya itu menjadi rangkaian kegiatan Presiden di NTB, antara lain untuk peresmian bendungan Meninting di Kabupaten Lombok Barat.

Sementara dari informasi yang diterima DLH Kota Mataram, peresmian TPST modern Sandubaya sudah masuk agenda dari kementerian.

"TPST modern Sandubaya terpilih untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, tapi untuk waktu dan info lainnya kita tunggu lebih lanjutnya," katanya.

Baca juga: Direktur LHPB OIKN: Plastik sekali pakai dilarang di Kota Nusantara

Sebelumnya pemerintah kota, menargetkan peresmian TPST modern Sandubaya akan dilaksanakan di bulan Agustus 2024, dan menjadi salah satu kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram pada 31 Agustus 2024.

"Jika pemerintah pusat mau dimajukan untuk diresmikan Presiden, kami siap melaksanakan," katanya.

Sementara untuk peresmian, lanjutnya, DLH sedang menyiapkan sejumlah persiapan sambil menunggu detail konsep peresmian yang akan dilakukan sebab akan diatur juga oleh tim kementerian dan protokol dari pusat.

Dalam peresmian TPST modern Sandubaya, kata Denny, pihaknya akan menampilkan hasil produksi yang sudah berhasil dilaksanakan di TPST modern.

"Seperti pembuatan batako dari sampah plastik,  budidaya maggot yang mulai membuahkan hasil," katanya.

Pada prinsipnya, katanya, Pemerintah Kota Mataram menyambut baik TPST modern Sandubaya yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kesempatan ini bisa mempercepat pembangunan TPST yang dipersiapkan Kota Mataram di Kebin Talo, Ampenan," katanya.

Baca juga: Petugas TPST modern Mataram dilengkapi alat pelindung telinga
Baca juga: DLH Mataram olah limbah kayu jadi bahan bakar alternatif


 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024