Kota Bandung (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menerjunkan 210 personel untuk menjaga ketertiban umum selama ajang Asia Africa Festival (AAF) 2024, Sabtu hingga Minggu (7/7).

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan bahwa seluruh personel telah dibagi tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, termasuk berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polri.

"Selama 2 hari kegiatan, kami menyiapkan sekitar 210 personel yang terdiri atas bidang tibum, dalmas, dan linmas," kata Rasdian di Bandung, Sabtu.

Meski menjaga ketertiban merupakan hal rutin, kata dia, pada AAF 2024 pihaknya melakukan penebalan personel untuk mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan.

"Penempatan personel di beberapa zona, yaitu zona satu di Dalam Kaum-Kepatihan, zona dua di Pendopo-Alun-Alun, dan zona tiga di Asia Afrika," kata dia.

Dengan banyaknya pengunjung yang akan datang, lanjut Rasdian, pihaknya akan mengantisipasi gangguan ketertiban umum dengan lebih ketat. Di sisi lain, keamanan acara sudah ditangani oleh pihak kepolisian.

Kasatpol PP mengimbau masyarakat Kota Bandung dan pengunjung dari luar kota untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban umum.

Perlengkapan pribadi seperti handphone dan dompet, kata dia, harus diamankan masing-masing mengingat potensi berdesakan pada acara tersebut.

"Dengan menjaga ketertiban dan ketentraman, semua akan berjalan lancar dan nyaman bagi semua pihak," ujarnya.

Dengan persiapan matang dari pihaknya, Rasdian berharap AFF 2024 dapat berlangsung aman dan tertib, sekaligus memberikan pengalaman yang mengesankan bagi seluruh pengunjung.

Baca juga: Pemkot Bandung hiasi jalan dengan bunga kastuba sambut delegasi AAF
Baca juga: Pemkot Bandung gandeng UMKM ramaikan Asia Africa Festival 2024


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024