Jakarta (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-Bangsa di Indonesia memanfaatkan platform globalnya untuk meningkatkan perayaan tahunan literatur anak-anak dan pembelajaran kreatif dengan hadir pada Festival Sastra Anak "Patjarmerah Kecil".

"Pendidikan adalah kunci pembangunan dan mempromosikan pembangunan inklusif, dan oleh karena itu pendidikan inklusif adalah inti dari mandat PBB,” kata Direktur Pusat Informasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIC) di Jakarta, Sabtu.

Festival yang berlangsung sejak akhir Juni di kawasan Pos Bloc Jakarta itu menampilkan beragam pilihan buku anak-anak dan mempromosikan literasi serta ekonomi kreatif.

Indonesia terus mengalami penurunan bertahap dalam tingkat buta huruf. Menurut Data Survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2023, tingkat buta huruf di kalangan penduduk berusia 10 tahun ke atas mencapai 3,18 persen.

Inisiatif literasi Indonesia telah diakui oleh dunia, termasuk UNESCO yang memberikan Penghargaan Literasi Raja Sejong pada tahun 2018 dan Penghargaan Literasi Konfusius UNESCO pada tahun 2019.

“Kami hadir untuk menunjukkan dukungan kami dan mendorong anak muda Indonesia untuk merangkul literasi dan kreativitas,” ucapnya.

Secara global, satu dari lima anak, remaja, dan pemuda terpinggirkan dari pendidikan, dengan ketidaksetaraan yang diperburuk oleh kemiskinan, gender, bahasa, disabilitas, etnisitas, dan status migrasi.

Transformasi pendidikan telah diidentifikasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai salah satu dari enam pendorong utama untuk membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dua tahun setelah KTT Transformasi Pendidikan (TES) yang diadakan oleh Sekretaris Jenderal PBB, sebuah Acara Khusus tentang Transformasi Pendidikan akan diadakan di New York pada 11 Juli.

Acara tersebut bertujuan untuk mendorong komitmen dan tindakan yang lebih besar terhadap transformasi pendidikan dalam konteks KTT Masa Depan yang akan datang pada bulan September.

PBB hadir pada festival dengan mengisi “UN Corner” yang melibatkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), serta Sukarelawan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNV).

Baca juga: KPAI: Buku sastra masuk kurikulum tidak boleh memuat kekerasan
Baca juga: Anak-anak diajak nikmati sastra di Hari Bersastra Yogya

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024