Takalar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pamukkulu yang berlokasi di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Jumat (5/7). Peresmian ini menandai deretan portofolio Proyek Strategis Nasional yang tuntas dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dengan mutu terbaik dan senantiasa sesuai dengan target pemberi jasa.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Bendungan Pamukkulu nantinya akan menampung dan mengelola air sebagai penunjang produktivitas pertanian. 

"Bendungan ini adalah bendungan yang besar, dengan daya tampung air 82 juta meter kubik dan luas genangan 460 hektare, kita ingin mengelola air kita, agar tidak kita biarkan masuk ke sungai dan terus ke laut, namun akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air baku, pembangkit tenaga listrik, mereduksi banjir, dan irigasi sawah-sawah di Kabupaten Takalar," kata Presiden Jokowi.

Bendungan Pamukkulu sendiri dalam pembangunannya terbagi menjadi 2 paket pengerjaan. WIKA-DMT KSO ditunjuk oleh Kementerian PUPR sebagai kontraktor pelaksana paket I dengan lingkup utama pekerjaan meliputi, pembangunan tubuh bendungan utama, pemasangan instrumentasi, drilling, dan grouting.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito (BW) mengungkapkan bahwa dengan diresmikannya Bendungan Pamukkulu mencerminkan komitmen Perseroan untuk terus mendorong penyelesaian PSN yang dipercayakan kepada Perseroan.

"Ini menjadi bukti kapasitas WIKA sebagai kontraktor terdepan dalam pembangunan bendungan di tanah air. Momen ini sekaligus memotivasi kami untuk terus mendorong aktivitas produksi pada proyek-proyek lain sehingga dapat segera diselesaikan dengan kualitas terbaik agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat”, ungkap Agung BW.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024