Chengdu (ANTARA) - Universitas panda raksasa di bawah naungan China West Normal University di Provinsi Sichuan, China barat daya, dikenal juga sebagai habitat panda raksasa, akan menerima 50 mahasiswa baru yang akan mengambil jurusan manajemen satwa liar dan cagar alam pada musim gugur tahun ini

Didirikan pada September lalu oleh administrasi kehutanan dan padang rumput provinsi, universitas tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di China yang menawarkan program studi panda raksasa.

Universitas ini telah lama berfokus pada perlindungan ekologi sumber daya satwa liar dan tumbuhan langka di pegunungan barat daya China. Ia adalah universitas yang paling awal, paling lama, dan paling berpengaruh dalam melakukan penelitian di bidang ekologi panda raksasa liar.

Universitas tersebut telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China, Pusat Penelitian Penangkaran Panda Raksasa Chengdu, serta beberapa cagar alam nasional.

Wei Wei, seorang dosen di universitas tersebut, mengatakan bahwa selama masa kuliah, para mahasiswa berkesempatan untuk magang dan mendapatkan pengalaman langsung di tempat-tempat tersebut, berpartisipasi dalam pekerjaan yang berkaitan dengan perlindungan, penangkaran, serta pencegahan dan pengendalian penyakit panda raksasa. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024