"Jadi ketika saya masuk ke salah satu bursa ya, saya hanya bisa ucapkan Alhamdulillah, gitu aja,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (5/7), mulai dari Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilantik sebagai pengurus DPP PDIP hingga klarifikasi Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

Berikut sejumlah berita politik kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Megawati lantik Ganjar dan Ahok jadi pengurus DPP PDI Perjuangan

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Ganjar Pranowo sebagai Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah serta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Ketua DPP Bidang Perekonomian.

Pelantikan itu berlangsung di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Baca selengkapnya di sini.

2. Puan lirik Nadiem Makarim-Pramono Anung maju Pilkada DKI Jakarta

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani melirik nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk maju Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Puan setelah menyebutkan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu turut memasukkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju dalam bursa Pilkada Jakarta.

Baca selengkapnya di sini.

3. Menko Polhukam pastikan pemerintah perkuat sistem pengamanan PDN

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah akan memperkuat dan meningkatkan kemampuan pengamanan di Pusat Data Nasional (PDN).

Peningkatan keamanan itu dilakukan agar PDN menjadi pusat data yang kuat dan tidak bisa diretas seperti yang dialami Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Baca selengkapnya di sini.

4. Sekjen PKS klarifikasi soal Jokowi sodorkan Kaesang ke sejumlah parpol

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi memberikan klarifikasi terkait dengan pernyataannya yang menyebut Presiden RI Jokowi menyodorkan putranya, Kaesang Pangarep, ke sejumlah partai politik (parpol) untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan tersebut, kata dia, disampaikan saat menjawab pertanyaan dari awak media. Untuk itu, pernyataan tersebut bukan inisiatif pribadi maupun sebagai pengurus partai.

"Pernyataan saya mengenai Pilkada Jakarta, yang memenuhi ruang publik belakangan ini. Penting bagi saya untuk meresponsnya," kata Aboe Bakar dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (5/7).

Baca selengkapnya di sini.

5. Kaesang bersyukur masuk radar PDIP untuk bursa calon Gubernur Jateng

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku bersyukur namanya masuk ke dalam radar PDI Perjuangan (PDIP) sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Meski begitu, sejauh ini dia mengaku belum memutuskan terkait langkahnya dalam Pilkada 2024. Dia menyebut bakal ada kejutan pada bulan Agustus 2024, yang menjadi momen pendaftaran pilkada.

"Jadi ketika saya masuk ke salah satu bursa ya, saya hanya bisa ucapkan Alhamdulillah, gitu aja," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo itu ketika blusukan di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (5/7).

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024