Jakarta (ANTARA) - Tim pelajar Indonesia menyapu bersih tiga sub kategori kompetisi Urban Concept pada Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, dalam ajang Shell Eco-marathon 2024 yang berlangsung di Mandalika, Lombok.

Tim teratas yang berhasil naik podium melalui subkategori Internal Combustion Engine (ICE) di kategori Urban Concept, yakni ITS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan catatan jarak tempuh terbaik sebesar 481,9 kilometer per liter (km/l).

“Tahun ini, kami melakukan beberapa perbaikan untuk transmisi dan badan kendaraan. Kami mengganti beberapa bagian kendaraan dari bahan metal menjadi carbon fibre untuk mengurangi berat kendaraan. Kami juga membuat sistem telemetri untuk memantau kondisi dan perkembangan kendaraan kami,” kata Manajer Tim ITS Team Sapuangin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Raihan Naufal Hafizh melalui keterangan resminya, Sabtu.

Baca juga: MGPA adopsi tata kelola keselamatan dari Shell Eco-marathon

Baca juga: Harga bensin Shell Juli turun


Dalam kegiatan yang banyak menantang kreatifitas di industri otomotif ini, Tim Weimana Agnijaya dari Universitas Udayana berhasil meraih juara pertama dalam kategori Urban Concept dengan menggunakan sumber energi baterai elektrik dan menjadi torehan sejarah baru bagi tim tersebut.

"Kami meningkatkan sistem pengereman untuk jarak tempuh kendaraan yang lebih jauh dan menambah lapisan tambahan pada kendaraan untuk mengelola suhu panas secara efektif. Kami sangat senang bisa maju ke regional championship dan kami berharap dapat melampaui skor tahun lalu,” ujar Manajer Tim Weimana Agnijaya, Universitas Udayana, Bayu Saputra.

Dalam kegiatan ini, bagi tim yang berhasil menempati posisi pertama, kedua, dan ketiga dari setiap kategori akan berhak melaju ke kejuaraan berskala regional. Kegiatan tersebut, akan dilangsungkan pada hari ini di Lombok.

Berikut daftar pemenang dalam kategori Urban Concept

  1. ITS TS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Best Time 481.9 km/l.
  2. Garuda UNY ECO Team dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan Best Time 414.5 km/l
  3. Antawirya Gentayu dari Universitas Diponegoro dengan Best Time 362.5 km/l.​​​​​​
  4.  
  5. Untuk kategori Hydrogen Fuel CellSemar Urban UGM dari Universitas Gadjah Mada dengan Best Time 177.9 km/l.

Untuk kategori BEV

  1. Weimana Agnijaya Team dari Universitas Udayana dengan Best Time 189.4 km/l.
  2. Apatte Elang Energi Team dari Universitas Brawijaya dengan Best Time 156.3.
  3. Arjuna Team dari Universitas Indonesia, dengan Best Time 128.1 km/l.

Baca juga: UNS ikuti lomba rancang mobil irit BBM

Baca juga: Tiga tim Indonesia sapu bersih urban concept Shell Eco-mararhon

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024