Almarhum dan almarhumah ini merupakan jamaah yang tergabung dalam kloter 10 asal OKU Timur
Martapura (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menyebut bahwa petugas haji sudah mengantarkan koper dan barang-barang haji asal kabupaten itu yang wafat di Makkah kepada pihak keluarga.

"Alhamdulillah pagi tadi petugas haji dari kelompok terbang (kloter) 10 sudah mengantarkan langsung koper dan barang bawaan haji asal OKU Timur yang meninggal dunia di Makkah," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag OKU Timur M Husni di Martapura, Jumat.

Dia mengatakan pengembalian koper dan barang milik haji atas nama Kureisin (65) dan Sobirin (69) warga Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur diserahkan kepada pihak keluarga oleh petugas kloter.

"Almarhum dan almarhumah ini merupakan jamaah yang tergabung dalam kloter 10 asal OKU Timur," katanya.

Berdasarkan laporan, koper dan barang milik almarhum, termasuk lima liter air zam-zam jatah setiap haji, diterima langsung oleh pihak keluarga.

"Kami melalui para petugas haji juga menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga. Almarhum dan almarhumah ini merupakan sosok yang baik dan Insya Allah husnul khotimah," ujarnya.

Sementara, sebanyak 438 haji asal daerah itu tiba di OKU Timur pada Jumat (5/7) pukul 03:00 WIB yang disambut oleh Pemkab OKU Timur dan keluarga di Lapangan KONI Belitang, kabupaten setempat.

Asisten III Pemkab OKU Timur Sutrisno mengatakan bahwa kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 Embarkasi Palembang Tahun 1445 H telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada 4 Juli 2024 pukul 17:55 WIB.

Rombongan jamaah haji Kabupaten OKU Timur ini terbang menggunakan maskapai Saudi Airlines yang lepas landas dari Bandar Udara Medina Prince Mohammad bin Abdul Aziz pada 3 Juli 2024 pukul 22.00 waktu setempat.

"Selamat datang kembali kepada seluruh jamaah di OKU Timur setelah menyempurnakan rukun Islam dengan menjalankan ibadah haji di Makkah," kata Sutrisno.

Baca juga: Pemkab OKU Timur sambut kedatangan 438 haji di daerah asal
Baca juga: Satu calon haji OKU Timur meninggal dunia
Baca juga: Sebanyak 355 haji OKU Timur tiba di Tanah Air

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024