Jakarta (ANTARA) - Ponsel yang hang atau nge-freeze menjadi momok bagi sebagian orang yang mengandalkan smartphone dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Bagi sebagian kalangan, ponsel sudah dianggap sebagai alat penting karena tidak hanya menjadi perangkat komunikasi semata, melainkan penunjang pekerjaan hingga fasilitas hiburan.

Namun, masalah yang kadang muncul adalah ponsel mengalami hang atau nge-freeze yang disebabkan beberapa faktor seperti aplikasi yang berjalan secara bersamaan, penuhnya kapasitas penyimpanan atau belum update perangkat lunak versi terbaru.

Anda tidak perlu panik jika mengalami hal itu, sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah hang pada ponsel. Berikut enam cara atasi masalah hang pada ponsel sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Restart HP
Lakukan restart atau matikan HP sejenak, lalu nyalakan kembali. Hal itu diperlukan agar ponsel bisa membersihkan memori sementara dan memulai ulang aplikasi yang mungkin menyebabkan hang.

2. Hapus cache aplikasi

Buka pengaturan, pilih aplikasi, dan hapus cache dari aplikasi yang sering Anda gunakan. Cache yang menumpuk pada aplikasi akan menambah kapasitas penyimpanan pada memori internal sehingga bisa membuat HP hang .

3. Hentikan aplikasi yang tidak diperlukan

Tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan atau yang memakan banyak sumber daya. Ini dapat membantu mengurangi beban pada sistem.

Dahulukan pembaharuan pada aplikasi yang menurut Anda penting. Anda juga dapat memilih opsi untuk tidak melakukan unduhan secara otomatis pada Playstore, hal ini mengurangi risiko HP menjadi hang.

4. Perbarui aplikasi dan sistem operasi

Pastikan semua aplikasi dan sistem operasi HP Anda diperbarui ke versi terbaru untuk memperbaiki bug dan meningkatkan stabilitas. Hal itu diperlukan agar sistem operasi kembali berjalan normal, sekaligus mengurangi risiko handphone menjadi hang.

5. Hapus data yang tidak diperlukan

Hapus file atau aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja.

6. Pertimbangkan untuk factory reset

Jika masalah terus berlanjut setelah langkah-langkah di atas, pertimbangkan untuk melakukan factory reset. Pastikan Anda membuat cadangan terlebih dahulu karena ini akan menghapus semua data dari HP Anda.

Anda tidak perlu panik dan terburu-buru membeli HP baru. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mengatasi masalah HP yang mengalami hang secara efektif.

Baca juga: Mitos atau fakta, mengisi baterai semalaman sebabkan ponsel rusak?


Baca juga: Mudah rusak, Samsung Galaxy Fold versi "perbaikan" hadir September

Baca juga: Apple kembangkan teknologi cegah layar ponsel lipat rusak
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024