Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Jakarta mengunci posisi kedua klasemen akhir IBL 2024 usai menang atas Kesatria Bengawan Solo 94-75 di Sritex Arena Surakarta, Jumat, sekaligus menyapu bersih tim asal Solo tersebut 2-0 pada kompetisi musim ini.

Enam pemain Pelita Jaya mencatatkan double digit points, dipimpin oleh K. J. McDaniels dengan 24 poin melalui 11 dari 16 percobaan tembakan. McDaniels juga menyumbangkan 8 rebound dan 4 assist.

Andakara Prastawa Dhayaksa, kapten tim Pelita Jaya, menyumbang 17 poin dengan 5 dari 10 percobaan tripoin. James L. Dickey III mencatatkan double-double dengan 12 poin, 14 rebound, dan 5 assist.

Dari bangku cadangan, Yesaya Saudale mencetak 12 poin dengan akurasi sempurna, memasukkan 6 dari 6 percobaan tembakan, serta menambah 3 rebound dan 1 assist dalam 15 menit 44 detik di lapangan. Hendrick Xavi Yonga menyumbang 12 poin dengan 4 dari 5 percobaan tiga angka, sementara pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jerome Anthony Beane Jr. menyumbang 10 poin, 7 assist, dan 2 rebound.


Baca juga: Pekan terakhir musim reguler, semua tim masih berebut posisi 

Selama pertandingan, Pelita Jaya mencatatkan 50 points in the paint, 22 fast-break points, 18 points from turnovers, serta 17 second chance points. Mereka juga unggul dalam rebound dengan perbandingan 45-37 dan mencatatkan 23 assist. Lini kedua Pelita Jaya tampil solid dengan kontribusi 39 poin dari bangku cadangan.

Skema serangan Pelita Jaya berjalan mulus berkat pertahanan yang solid. Mereka berhasil menahan mesin poin Kesatria, Kentrell Barkley, yang hanya mampu mencetak 6 dari 15 percobaan tembakan.

Meski terjebak dalam pertahanan Pelita Jaya, Barkley masih bisa menyumbang 18 poin, 11 rebound, dan 2 assist. Kesatria dipimpin oleh Travin Thibodeaux yang mencetak 25 poin, 9 rebound, dan 5 assist. Disusul Andre Rorimpandey dengan 13 poin, serta CJ Gettys dari bangku cadangan yang mencatatkan 15 poin.

Dominasi Pelita Jaya semakin terasa di babak kedua. Mereka mencetak 52 poin dan memperlebar margin menjadi 21 poin (83-62) di awal kuarter keempat. Kesulitan menemukan celah untuk mencetak angka, Barkley dan Thibodeaux tampak frustrasi. Kesatria harus menerima kekalahan keenam mereka musim ini.

Pelita Jaya akan menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta sebagai laga penutup rangkaian musim reguler IBL 2024 pada akhir pekan nanti. Sementara itu, Kesatria masih memiliki satu pertandingan lanjutan melawan Prawira Harum Bandung yang sempat tertunda.

Baca juga: Pacific akhiri laga kandang dengan kemenangan atas Satya Wacana

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024