Jakarta (ANTARA) - LeBron James telah menyetujui kontrak baru dengan Los Angeles Lakers selama dua tahun dan senilai 104 juta dollar AS, setelah sebelumnya menolak tawaran kontrak satu tahun senilai 51,4 juta dollar AS.

Kontrak yang disetujui oleh LeBron kali ini termasuk opsi perpanjangan kontrak untuk musim 2025-26 dan klausul larangan perdagangan, tulis ESPN dalam lamannya pada Jumat.

James telah menyelesaikan kontraknya bersama Lakers hingga musim panas ini, dan memiliki opsi  mengaktifkan perpanjangan kontrak satu tahun. Namun LeBron menolak opsi tersebut, dan dikabarkan memperbarui kontrak selama dua tahun.

Kesepakatan ini membawa James kembali bermain pada musim ke-22 NBA. Selain itu, dia juga memiliki opsi menambah satu musim lagi bersama Lakers yang membuatnya akan bermain pada musim ke-23 NBA.

Mengingat James bertahan di Lakers, maka dia akan bermain dengan putra sulungnya, Bronny James, yang dipilih oleh Lakers dalam NBA Draft putaran kedua beberapa waktu lalu.

LeBron dan Bronny akan menjadi sejarah baru di mana pasangan ayah-anak bermain dalam tim yang sama dalam kompetisi NBA untuk pertama kalinya.

LeBron James, yang akan berusia 40 tahun pada 30 Desember, dianggap sebagai pemain terbaik NBA sepanjang masa GOAT (Greatest of All Time). Ia satu-satunya pemain yang melampaui 40.000 poin sepanjang kariernya.

Baca juga: Putra sulung LeBron James direkrut oleh LA Lakers melalui NBA Draft

Mencetak assist keempat terbanyak dalam sejarah NBA, kedelapan dalam steal, kedelapan dalam lemparan tiga poin, dan ketiga dalam lemparan bebas.

Musim lalu, James menjadi pemain pertama yang tampil dalam 20 kali tim NBA All-Star, melewati Kareem Abdul-Jabbar untuk jumlah terbanyak dalam sejarah NBA. James juga memiliki 20 seleksi All-NBA dan 13 seleksi All-NBA tim pertama, yang merupakan yang terbanyak dalam sejarah olahraga ini.

Dia juga memegang rekor poin yang dicetak pascamusim sepanjang masa di NBA dan berada pada  peringkat 10 besar dalam rebound (keempat), assist (kedua), steal (pertama), blok (kesepuluh), lemparan tiga poin (ketiga), dan lemparan bebas (pertama).

James juga memegang gelar juara NBA empat kali beserta MVP. Dia memimpin Lakers meraih gelar ke-17 pada tahun 2020. Dia mencatat rata-rata 25,7 poin, 8,3 assist, dan 7,3 rebound musim lalu di usianya yang ke-39. James, Nikola Jokic, dan Luka Doncic adalah tiga pemain yang rata-rata mencetak setidaknya 25 poin, 8 assist, dan 7 rebound di NBA musim lalu.

Namun, Lakers tidak berhasil melewati putaran pertama babak Playoff NBA 2024 untuk keempat kalinya dalam enam musim James bersama tim ini. 

Sebelum bergabung dengan Lakers, James mencapai Final NBA delapan tahun berturut-turut dengan Miami Heat dan Cleveland Cavaliers, serta memenangkan setidaknya satu seri playoff dalam 13 musim berturut-turut.

Baca juga: Lakers pilih Bronny James dalam NBA Draft putaran kedua

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024