Jakarta (ANTARA) - Salah satu pesona kota besar adalah gemerlapnya lampu kota di malam hari dan berbagai macam pilihan wisata yang masih buka hingga larut malam.

Jakarta pun termasuk salah satu kota yang menawarkan aneka wisata malam yang kian malam, kian ramai dan semakin memikat setelah matahari terbenam.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat seru untuk menikmati wisata malam di Jakarta.

1. Taman ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan pusat kebudayaan yang terkenal di kawasan Jakarta Pusat. Tempat ini menyajikan berbagai macam kegiatan seni budaya mulai dari teater, musik, pameran seni hingga pemutaran film. 

Mengingat tempat ini sebagai salah satu pusat seni budaya di Indonesia, maka tidak jarang aneka pameran dan pertunjukkan digelar setelah matahari terbenam. Oleh sebab itu, TIM menjadi salah satu destinasi wisata malam yang menarik dan patut dikunjungi, terutama bila Anda adalah penikmat seni dan budaya. 

2. Taman Literasi Blok M

Taman Literasi Blok M terletak di tengah kawasan Blok M, Jakarta Selatan yang sejak dulu kala terkenal dengan aneka wisata malam yang menarik banyak kawula muda. Namun Taman Literasi Blok M ini memberikan nuansa yang berbeda dari wisata malam yang sudah ada sebelumnya. 

Taman ini  menyajikan aneka instalasi seni dan berbagai sudut baca yang menarik juga instagramable. Suasana yang tenang dengan nuansa nyaman, menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi bagi kaum milenial hingga gen alfa untuk mencari inspirasi.

3. Land's End PIK 2

Land's End adalah destinasi tepi laut di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara. Baik siang hingga malam, pesona Land's End bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati nuansa pesisir juga pantai modern di waktu senja hingga malam hari. 
 
Seorang barista menggiling kopi di gerai Terminal Kopi Nusantara, Pasar Santa, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)


4. Pasar Santa

Pasar Santa merupakan salah satu destinasi wisata malam yang patut dikunjungi terutama bagi para pecinta kuliner dan kopi. Kios-kios yang dahulu sempat tutup dan sepi pengunjung, kini ramai dengan aneka kios yang menjual aneka minuman kopi kekinian dengan kudapan ringan. 

Selain kopi, beberapa kios juga menjual barang-barang antik seperti piringan hitam, hingga pernak pernik unik lainnya. 

Di sisi luar pasar ada beberapa kios yang menjual panganan pinggir jalan, mulai dari ramen dengan harga terjangkau, hingga sate padang legendaris Ajo Ramon yang sudah ada di halaman Pasar Santa sejak lebih dari 20 tahun lalu. 

5. SCBD Park

Dikelilingi oleh gemerlap lampu kota yang mempesona, tempat ini tidak hanya menawarkan berbagai pilihan gerai makanan dan minuman yang lezat, tetapi juga pemandangan lampu kota yang menakjubkan dari berbagai sudut.

6. Lapangan Banteng

Lapangan Banteng merupakan salah satu ruang terbuka hijau di pusat Kota Jakarta yang menarik untuk dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan asing. 

Menjelang matahari terbenam, banyak warga lokal yang menggunakan ruang terbuka hijau ini sebagai arena untuk jogging atau sekedar berkumpul untuk menikmati keindahan kawasan ini, karena lampu-lampu taman yang artistik dan instagramable.

Dengan kombinasi arsitektur bersejarah dan fasilitas modern, Lapangan Banteng menawarkan pengalaman yang unik dan mengesankan bagi para pengunjung.
 
Ilustrasi - Cuaca berawan menyelimuti Lapangan Banteng, di Jakarta yang sedang di revitalisasi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/kye/pri. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)


7.Sky deck Sarinah

Sky Deck Sarinah menjadi salah satu destinasi wisata malam baru yang layak untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang pada pagi hingga sore hari beraktivitas di kawasan Jakarta Pusat. 

Sky deck berupa undakan anak tangga menjadi tempat duduk untuk menikmati kopi dan mengobrol dengan teman, sembari menunggu terurainya kemacetan jalanan di wilayah Sarinah Thamrin. 

Pemandangan lampu-lampu dari gedung pencakar langit tentu menambah nuansa menarik sebagai latar untuk berfoto, terutama bila Anda ingin mengabadikan momen dan membagikannya di laman media sosial. 

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024