Jakarta (ANTARA) - Ahli anti-aging medicine (AAM) Jakarta Hair Transplant dr. Cynthia Lawrence, M.Biomed memaparkan terdapat sejumlah keuntungan bagi pasien yang melakukan transplantasi rambut di Indonesia.

“Biaya tanam rambut di Indonesia sudah mencakup banyak layanan esensial seperti aftercare yang seringkali harus dibayar terpisah di luar negeri,” kata Cynthia dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Cynthia menuturkan dalam beberapa tahun terakhir tanam rambut kembali jadi solusi yang digandrungi banyak orang yang mengalami masalah kebotakan dan ingin tampil lebih percaya diri.

Baca juga: Terapi sekretom bisa membantu mengatasi kebotakan

Baca juga: Tiga jenis kebotakan yang umum terjadi di masyarakat


Sayangnya, kebanyakan memilih untuk melakukan prosedur tanam rambut di Turki yang dianggap sebagai pencetus tren (tren setter) tanam rambut pertama kali. Padahal meski harga di sana kompetitif, harga di tanah air lebih ekonomis tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Kelebihan program tanam rambut di tanah air selain harganya yang lebih murah adalah aksesnya lebih mudah di jangkau. Hal ini dikarenakan pasien tidak perlu repot mengurus visa, tiket pesawat, dan akomodasi yang biasanya memakan biaya dan waktu.

“Pasien bisa langsung datang dan berkonsultasi langsung sebelum melakukan prosedur tanam rambut. Selain itu, kontrol pasca-prosedur juga lebih mudah dilakukan tanpa harus terbang kembali ke luar negeri,” ujarnya.

Cynthia menekankan bahwa klinik tanam rambut di Indonesia seperti pihaknya sudah terstandar internasional karena menggunakan teknik transplantasi rambut yang setara dengan Follicular Unit Extraction dan Direct Hair Implantation untuk memastikan bahwa pasien dapat memperoleh perawatan berkualitas tinggi tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Dalam hal komunikasi, ia memastikan bahwa penjelasan prosedur yang disampaikan oleh dokter dapat lebih mudah dimengerti oleh pasien, sehingga baik kebutuhan maupun keluhan dapat tersampaikan dengan baik.

Keuntungan lainnya bila melakukan tanam rambut di Indonesia adalah perawatan pasca-prosedur yang lebih mudah didapat.

“Ada klinik yang menawarkan program lengkap yang mencakup akomodasi, prosedur, dan aftercare. Hal ini membantu pasien dalam proses persiapan dan pemulihan guna memastikan hasil yang optimal,” ucap Cynthia.

Baca juga: Guru besar Universitas Indonesia buat terobosan atasi kebotakan rambut

Baca juga: Teknologi Baru Mengubah Perawatan Kebotakan Dengan Menggunakan Jenggot dan Rambut Tubuh

Baca juga: Ahli bagikan kiat cegah pengguna hijab terhindar dari kebotakan 

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024