Jakarta (ANTARA) - Ponsel kini menjadi kebutuhan dasar, tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi, juga untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi yang mendukung pekerjaan dan tempat menyimpan data penting.

Di tengah kebutuhan akan ponsel yang semakin meningkat, masalah ponsel lemot sering kali menjadi penghalang utama. Ponsel lambat bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat pengguna merasa kesal.

Ponsel lambat bisa diatasi dengan cara-cara berikut, mulai dari restart sampai pengelolaan aplikasi.

1. Restart atau memulai ulang Restart adalah cara yang paling mudah dan langkah pertama yang perlu dilakukan ketika ponsel lambat. Cara itu bisa membantu sistem operasi ponsel menjadi segar sehingga kinerja perangkat pun menjadi lebih baik.

Menyalakan ponsel selama 24 jam bisa membuat performanya turun. Pengguna disarankan mematikan ponsel secara berkala ketika perangkat tidak digunakan untuk mencegah ponsel lambat. 

2. Hapus cache yang menumpuk pada aplikasi

Cache yang menumpuk pada aplikasi akan menambah kapasitas penyimpanan pada memori internal sehingga kinerja ponsel lambat. 

Buka pengaturan ponsel, pilih aplikasi lalu hapus cache dari aplikasi tersebut.

3. Hapus aplikasi yang tidak dipakai

Cara ampuh yang berikutnya untuk mengatasi ponsel lambat adalah menghapus aplikasi yang tidak dipakai atau jarang digunakan. Selain cache, aplikasi juga dapat membebani sistem operasi sehingga ponsel terasa lemot.

Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan internal pada ponsel.

4. Perbarui sistem operasi

Periksa apakah ponsel memerlukan update operating system alias pembaruan sistem operasi. Menggunakan sistem operasi terkini akan membantu ponsel bisa bekerja secara optimal.

Memperbarui sistem operasi juga menjadi salah satu cara mengatasi ponsel lambat.

5. Hapus berkas yang tidak diperlukan

Hapus berkas yang sudah tidak diperlukan, bisa saja berupa duplikasi foto, video berukuran besar atau dokumen yang sudah tidak dibutuhkan.

Jika ponsel mendukung kartu penyimpanan eksternal, pindahkan sejumlah data ke memory card eksternal supaya ponsel tidak lambat.

6. Factory reset atau kembali kepada setelan pabrik

Cara terakhir untuk mengatasi ponsel lemot ialah dengan melakukan factory reset (setelan pabrik) yang menjadikan perangkat seperti saat baru pertama kali dinyalakan. Harap diingat bahwa factory reset berarti semua data ponsel terhapus, kecuali aplikasi bawaan.

Sebelum melakukan factory reset pastikan Anda sudah membuat backup (cadangan) supaya data-data penting tetap ada.

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, namun, ponsel masih lambat, pertimbangkan untuk membeli gawai baru.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024