Surabaya (ANTARA) - Tim putri Jakarta BIN bangkit mengalahkan Jakarta Electric PLN dengan 25-21, 25-20, 25-22 pada final four putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Bung Tomo, Surabaya, Jumat malam.

Kedua tim bertemu dalam situasi berbeda. Jakarta BIN sehari sebelumnya kalah dari Jakarta Pertamina Enduro, sementara Electric PLN menumbangkan tim kuat Jakarta Popsivo Polwan.

Akan tetapi, anak-anak Jakarta BIN tetap tampil solid untuk menunjukkan performa terbaiknya. Mereka hanya mendapat perlawanan pada awal set, namun bisa mengatasi dan menekan lewat servis dan smes.

Set pertama sempat 8-8, tetapi sejumlah kesalahan receive (penerimaan bola pertama) yang dilakukan pemain Electric PLN membuat Jakarta BIN menjauh 13-8 dan akhirnya menang 25-21.

Baca juga: LavAni hajar Bhayangkara Presisi 3-0 pada final four Proliga

Pada set kedua, Jakarta BIN kembali menekan saat pemain-pemain Electric PLN belum bisa memperbaiki performa. Pelatih Electric PLN Chamnan Dokmai harus menarik Nurlaili yang tampil tidak maksimal guna memasukkan Juhaidar Yusaini, tetapi BIN kembali menang 25-22.

Pada set ketiga, Electric PLN berusaha bangkit, tetapi akhirnya juga menyerah 22-24 kepada Jakarta BIN.

"Pemain kami tidak memiliki banyak waktu untuk pemulihan setelah tadi malam bertanding hingga larut. Praktis kami hanya punya waktu recovery sembilan jam, sangat kurang," kata Pelatih Jakarta Electric PLN Chamnan Dokmai usai pertandingan.

"Semalam kami baru balik ke hotel jam 12 malam, terus lanjut makan dan baru bisa istirahat mendekati jam dua dini hari," sambungnya.

Middleblocker Jakarta Electric PLN Yolla Yuliana menambahkan kelelahan fisik menjadi penyebab timnya tidak bisa bermain maksimal dan sering kehilangan fokus.

Baca juga: Electric PLN tampil mengejutkan saat tumbangkan Popsivo 3-1

"Kurang istirahat, rasa capeknya sangat terasa. Walaupun tadi saat awal-awal set masih bisa fokus," katanya.

Sementara itu, Asisten Pelatih Jakarta BIN Labib mengatakan kekalahan pada laga sebelumnya sedikit berpengaruh terhadap mental pemain, tetapi hal itu bisa cepat diatasi.

"Kekalahan sebelumnya jelas ada pengaruhnya, tetapi itu bisa diatasi," kata dia.

Kapten tim Jakarta BIN Wilda Siti Nurfadilah menambahkan para pemain sudah memberikan penampilan terbaik. "Hari ini kami bisa mengatasi situasi itu dan tetap fokus bermain maksimal," katanya.

Baca juga: Bank SumselBabel bekuk STIN BIN pada laga perdana final four

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024