Korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia sekitar 10 nautical mil (nm) dari titik jatuhnya dari perahu
Makassar (ANTARA) - Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad Anak Buah Kapal (ABK) KMN Cahaya Madinah bernama Wawan (20) usai pencarian selama tiga hari, yang sebelumnya dilaporkan terjatuh dari perahunya pada Rabu (3/7) di Muara Sungai Tangka, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia sekitar 10 nautical mil dari titik jatuhnya dari perahu," ujar Kepala Kantor Basarnas Makassar Muhammad Arif Anwar dalam keterangannya, Jumat.

Usai ditemukan jenazah korban langsung dievakuasi ke rumah duka untuk diserahkan ke pihak keluarga agar segera dilakukan pemakaman di wilayah setempat.

Baca juga: Basarnas Makassar temukan jasad remaja tenggelam di Sungai Walanae

Namun demikian dalam proses pencarian korban selama tiga hari sejak dikabarkan hilang pada Rabu 3 Juli 2024 hingga ditemukan Jumat 5 Juli 2024, tim operasi SAR terkendala cuaca dan kondisi ombak tinggi di sekitar lokasi kejadian, sehingga harus ekstra hati-hati.

Selain itu, kata dia, kondisi di lapangan yang cukup ekstrem harus dihadapi Tim SAR sebab keluarga berharap korban segera ditemukan. Ia pun menginstruksikan personel Basarnas bersama potensi SAR selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam proses pencarian.

Korban sebelumnya dilaporkan terjatuh dari perahunya saat hendak keluar mencari ikan di perairan Sinjai, dimana saat itu kondisi cuaca tidak mendukung dengan gelombang tinggi di sekitar lokasi. Korban diduga terseret ombak saat terjatuh lalu tenggelam.

Baca juga: Basarnas evakuasi pendaki perempuan dari Gunung Bawakaraeng

"Semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran buat kita semua, khususnya yang beraktivitas di perairan, agar tetap mengutamakan keselamatan saat hendak melaut. Penggunaan pelampung akan sangat membantu saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan,” ucap Arif Anwar.

Arif juga menyampaikan terima kasih kepada tim SAR gabungan yang telah membantu proses pencarian hingga korban ditemukan. Menurutnya, dedikasi dari seluruh unsur yang tergabung yang mendukung suksesnya pelaksanaan operasi SAR hingga korban bisa segera ditemukan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim SAR gabungan atas dedikasinya yang tinggi sehingga membantu pelaksanaan operasi SAR di Muara Sungai Tangka, Sinjai," katanya.

Baca juga: Kru kapal tenggelam di Selat Timor diselamatkan aparat Timor Leste

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024