Hari ini kita akan memberikan penghargaan kepada 51 kepala daerah dari seluruh Indonesia yang terdiri atas gubernur, wali kota, dan bupati
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberi penghargaan untuk 51 pemerintah daerah (pemda) pada puncak acara Anugerah Merdeka Belajar.

"Hari ini kita akan memberikan penghargaan kepada 51 kepala daerah dari seluruh Indonesia yang terdiri atas gubernur, wali kota, dan bupati," kata Ketua Pelaksana Anugerah Merdeka Belajar Kemendikbudristek Muhammad Hasbi di Jakarta, Jumat.

Hasbi juga menyampaikan ada beberapa tujuan acara Anugerah Merdeka Belajar yang puncaknya diselenggarakan malam hari ini. Pertama, yakni menghargai kinerja pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah bergotong royong dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai kebijakan strategis pendidikan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga sekarang.

"Kedua, kita juga ingin mendorong pemda untuk berbagi praktik baik dengan pemda yang lain, sehingga nanti kebijakan Merdeka Belajar ini akan semakin meluas pelaksanaannya di berbagai daerah," ujarnya. 

Baca juga: Kemendikbudristek gelar kembali Puncak Festival Kurikulum Merdeka   

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek itu juga mengemukakan tujuan yang ketiga yakni mendorong pemda agar semakin mampu mencapai standar pelayanan minimal pendidikan yang ada di daerah masing-masing.

Adapun enam kategori penghargaan yang akan diberikan kepada pemda yaitu transformasi pembelajaran, transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, transformasi pengelolaan pendidikan, transformasi anggaran pendidikan, transformasi pendidikan vokasi, dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebelumnya pada pagi hari ini Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek Iwan Syahril juga membuka puncak Festival Kurikulum Merdeka yang menyajikan berbagai kegiatan menarik dan inspiratif.

Baca juga: Evaluasi Merdeka Belajar, warisan istimewa Pemerintahan Jokowi

"Puncak Festival Kurikulum Merdeka menyajikan berbagai kegiatan menarik dan inspiratif. Salah satunya dengan menampilkan 46 karya terpilih dari 43 ribu karya yang telah dikirim oleh pendidik, peserta didik, dan orang tua, yang mengirimkan Potret Cerita Kurikulum Merdeka. Di sini para peserta dapat berbagi pengalaman dan praktik baik dalam implementasi Kurikulum Merdeka serta berbagi semangat menyambut tahun ajaran baru 2024/2025,” ujar Iwan.

Ia menambahkan puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar bertujuan menyebarluaskan semangat dan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka serta program prioritas lainnya dari Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek.

Selain itu kegiatan tersebut merupakan momentum semangat akhir tahun ajaran untuk berbagi pengalaman positif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, memberikan apresiasi, sekaligus memperkuat komitmen pemangku kepentingan, termasuk pemda, satuan pendidikan, dan orang tua, dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar.

Baca juga: OASE KIM dukung Merdeka Belajar lewat acara Membaca Bersama Ibu Negara

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024