Jakarta (ANTARA) -
Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Aswin Wihdiyanto mengatakan Festival Kurikulum Merdeka 2024 memberikan inspirasi bagi orang tua, guru, pendidik, maupun pihak sekolah seputar pembelajaran yang berkualitas.
 
 
 
Pasalnya, ia menyebutkan gelaran festival tahunan di bidang pendidikan tersebut kembali menampilkan pameran karya potret cerita dan interaksi bersama peserta, pameran kolaborasi pendidikan, pemutaran film dokumenter, hingga dua sesi gelar wicara bertajuk "Belajar Lebih Bermakna dan Menyenangkan" dan "Semua Punya Peran: Gotong Royong Kuatkan Ekosistem Pendidikan”
 
 
 
“Festival Kurikulum Merdeka ini sebagai ruang bagi seluruh ekosistem pendidikan, khususnya pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua untuk berekspresi dan menyebarluaskan berbagai inovasi dalam penerapan Kurikulum Merdeka untuk menghadirkan pembelajaran berkualitas yang menginspirasi,” kata Aswin dalam sambutannya di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Jumat.
 
 
 
Selain itu, lanjutnya, festival tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan semangat tahun ajaran baru 2024/2025 dengan Kurikulum Merdeka.
 
 
 
Dengan menyoroti pengalaman nyata serta manfaat yang dirasakan oleh para orang tua, ia menerangkan festival itu berupaya menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka

 
 
 
 
“Kami telah memilih 46 karya peserta yang memberikan gambaran pembelajaran relevan dan menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, terdapat juga 221 karya yang relevan tayang di pameran digital festival Kurikulum Merdeka,” imbuhnya.
 
 
 
Aswin berharap gotong royong yang tercermin dalam gelaran Festival Kurikulum Merdeka menjadi pendorong bagi semua pihak untuk senantiasa menghadirkan geliat pendidikan sekaligus berbagai inovasi pembelajaran yang semakin berpihak pada murid di berbagai daerah di Indonesia.

 
 
 
 
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024