Rangkasbitung (ANTARA) -
Sebanyak 440 haji asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pulang ke tanah air dengan selamat dan bisa kembali berkumpul bersama anggota keluarga.
 
"Kita berharap jamaah haji yang pulang itu menjadi peringkat haji mabrur," kata Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan saat menyambut kedatangan 440  haji di Pendopo Pemkab Lebak, Jumat.
 
Jamaah haji asal Kabupaten Lebak yang pulang ke tanah air itu tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 29 sebanyak 440 orang melalui Debarkasi Bandara Soekarno - Hatta.
 
Mereka setelah tiba di tanah air ditampung di Asrama Haji Banten Grand el-Hajj Cipondoh Kota Tangerang.
 
Selanjutnya ,  jamaah haji melanjutkan perjalanan ke Pemkab Lebak.
"Kami minta jamaah haji yang sudah melaksanakan rukun Islam kelima ini dapat memberikan suri tauladan dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat," kata Iwan.
 
Menurut dia, jamaah haji yang pulang ke tanah air itu merasa bersyukur karena bisa menunaikan ibadah ke Tanah Suci Makkah.
 
Sebab, saat ini daftar tunggu haji di Kabupaten Lebak cukup panjang hingga 26 tahun ke depan.
 
Oleh karena itu, pihaknya berharap para jamaah haji dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan memiliki sikap rela berkurban untuk membantu terhadap sesama manusia.
 
Jamaah haji Kabupaten Lebak pada 2024; seluruhnya sebanyak 711 orang terdiri dari 694 jamaah dan 17 petugas serta satu dilaporkan meninggal dunia.
 
Jamaah haji yang sudah kembali ke tanah air, pada Minggu (30/6) 2 jamaah dan Jumat (5/7) sebanyak 440 orang.
 
Sedangkan , jamaah haji lain yang belum pulang dijadwalkan Senin (8/6) 231 orang, Kamis (11/7) 2 orang, Sabtu (20/7) 32 orang dan Senin (22/7) 4 orang.
 
"Kami berharap jamaah haji itu menjadi haji mabrur," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Masyhudi mengatakan saat ini pelayanan jamaah haji dinilai lebih baik, mulai keberangkatan hingga berada di Makkah sesuai standar operasional prosedur (SOP).
 
"Kami hari ini menyambut kedatangan 440  haji asal Lebak yang kembali ke tanah air dengan selamat," katanya menjelaskan.


Baca juga: Menko PMK puji pelaksanaan haji yang alami banyak perbaikan

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024