Banda Aceh (ANTARA) - Sebuah lembaga kemanusiaan Waqeefa mendistribusikan sebanyak 50 ribu liter air bersih untuk sepuluh gampong (desa) dalam Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar guna membantu warga yang dilanda kekeringan di daerah setempat.

"Air bersih yang kita salurkan hari ini merupakan sumbangan yang dikumpulkan dari para dermawan yang tersentuh hatinya membantu warga yang dilanda musibah kekeringan di Kecamatan Lhoknga," kata anggota Waqeefa Nurul Hadi di Lamcok, Jumat.

Ia menjelaskan bantuan yang terkumpul dari para dermawan dan termasuk dari Waqeefa tersebut dimanfaatkan untuk membeli air bersih dan didistribusikan ke warga terdampak kekeringan dengan menggunakan mobil tangki.

Baca juga: BPBD DIY: Pemenuhan air bersih warga Gunungkidul dan Sleman masih aman

Adapun sepuluh gampong yang menjadi titik penyaluran bantuan air bersih dari para dermawan yang telah mendonasikan dananya melalui Waqeefa di antaranya Gampong Lamcok, Tanjong, Lampaya, Lamkruet, Monikeun, Lambaro Seubun, Aneukpaya, Weuraya dan Meunasah Balee.

“Kita targetkan distribusi air bersih ini seluruh gampong dalam kecamatan Lhoknga dan donasi yang terkumpul alhamdulillah bisa terdistribusi untuk sepuluh gampong,” katanya.

Ia mengatakan lembaga kemanusiaan yang bergerak bidang bidang waqaf Al Qur'an sedekah kitab dan kemanusiaan yang selama ini ikut membantu warga Palestina dan Rohingya serta juga ikut terpanggil untuk membantu warga lokal yang tertimpa musibah.

“Alhamdulillah dalam distribusi air bersih ini Waqeefa juga dibantu oleh BPBD Aceh Besar dengan mengerahkan tiga unit armada mobil tangki untuk menyalurkan air bersih ke sepuluh gampong dalam Kecamatan Lhonga,” katanya.

Pihaknya juga siap menyalurkan kembali bantuan air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Lhoknga yang terdampak kekeringan sesuai dengan donasi yang terkumpul dari para derwaman.

Baca juga: Kementerian PUPR: Air bersih terdistribusi di IKN pada 15 Juli 2024

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024