Selain memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bekasi, kami juga menyuplai kebutuhan darah beberapa daerah sekitar
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Organisasi sosial kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi Jawa Barat mendapatkan sertifikat akreditasi dengan predikat paripurna dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Prima Husada atau Laprida Semarang, untuk hasil penilaian unit transfusi darah setempat.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih di Cikarang Jumat mengatakan, akreditasi ini sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan berstandar nasional sesuai yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih predikat paripurna dalam akreditasi yang telah dijalani. Tentu ini merupakan capaian yang kita inginkan demi tercipta kualitas pelayanan donor darah yang optimal," katanya.

Ia menjelaskan, predikat ini juga menandakan bahwa unit transfusi darah PMI Kabupaten Bekasi dinilai sangat layak dalam mengimplementasikan pelayanan unit donor darah yang ditunjang sarana dan prasarana lengkap serta modern, ditambah dengan penanganan yang baik mulai penerimaan pendonor hingga pendistribusian darah.

"Ada kualitas darah yang harus kita jaga. Oleh sebab itu, alat yang kita gunakan semua standar Kemenkes RI. Skrining yang kita lakukan juga ketat, di sisi lain manajerial juga kita jalankan dengan baik," katanya.

Dia menyebutkan, bukan hal yang mudah meraih akreditasi paripurna tersebut. Di Provinsi Jawa Barat sendiri baru tiga daerah yang berhasil meraih predikat ini di antaranya PMI Kabupaten Cirebon, PMI Kabupaten Cianjur, dan PMI Kabupaten Bekasi.

Kepala unit transfusi darah pada PMI Kabupaten Bekasi Dewi Kusuma Astuti menyatakan, proses akreditasi ini merupakan satu hal penting untuk mengukur kualitas pelayanan. Capaian ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

"Selain memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bekasi, kami juga menyuplai kebutuhan darah beberapa daerah sekitar. Artinya kualitas darah kita sangat baik dan stok darah kita mampu membantu menutupi kebutuhan darah dari daerah lain," katanya. (KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024