Kegiatan World Environment Day 2024 Indonesia merupakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk terus memperkuat partisipasi publik ... akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyoroti pentingnya peningkatan partisipasi publik untuk mendukung beragam upaya pelestarian lingkungan dalam Puncak Acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Jakarta, Jumat.

"Kegiatan World Environment Day 2024 Indonesia merupakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk terus memperkuat partisipasi publik dan semakin memperkuat pertumbuhan dan perkembangan atensi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya ketika membuka acara tersebut.

Peningkatan keterlibatan publik, lanjutnya, perlu dilakukan untuk merespons isu-isu lingkungan dengan langkah nyata selain melalaui penguatan kebijakan dan langkah korektif.

Baca juga: Wapres: Kembangkan teknologi energi terbarukan atasi perubahan iklim

Terkait hal tersebut, dalam acara peringatan yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, Menteri LHK mengatakan kegiatan partisipatif publik telah digelar di beragam daerah di Indonesia untuk memperkuat aksi lingkungan dan iklim dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dia juga mengatakan penguatan kebijakan publik dan korektif terus dilakukan oleh pemerintah melalui KLHK disertai dengan aksi-aksi inovasi di lapangan, terutama mendukung kegiatan yang datang dari masyarakat.

"Jadi ke depan arahnya untuk menjadi berkesinambungan dan makin konsisten," kata Menteri LHK Siti Nurbaya menutup rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tahunnya pada 5 Juni.

Baca juga: Menteri LHK ingatkan peran kearifan lokal dalam pelestarian lingkungan

Memberikan arahan, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan ancaman krisis global yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi.

"Agar dampaknya tidak meluas ke aspek kehidupan seperti lingkungan, kesehatan masyarakat, laju pembangunan. Ketiga krisis ini perlu segera ditangani," kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan itu KLHK juga meresmikan peluncuran Indonesia Green TV yang berada di bawah asuhan KLHK dan klub sepeda bambu untuk duta-duta besar negara sahabat.

Baca juga: Paparan polusi udara jangka panjang tingkatkan risiko penyakit jantung

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024